TIPS

Cara Menangani Mobil Matik Mogok di Jalan

18 Sep 2019

Tak ada yang menginginkan mobil mogok di jalan. Tapi jika itu terjadi, maka yang diharapkan adalah muncul montir dadakan yang dapat langsung mengatasinya.

Akan tetapi, jika kondisinya sangat darurat maka yang diinginkan tentu saja bantuan derek ya OLXer. Dengan keberadaan mobil derek setidaknya hati sedikit lebih tenang.

Namun begitu, apabila mobil OLXer mogok ada hal yang harus diperhatikan, apalagi mobil tersebut mengusung transmisi matik. Pasalnya, jika mobil matik mogok pasti terasa sulit ditangani. Karena itu berikut ini beberapa cara penanganan mobil matik mogok, yaitu:

Pertama, alangkah bagusnya ketika mobil mogok maka pilih menggunakan truk towing atau gendong. Apalagi jika mobil yang mogok berpenggerak Four Wheel Drive (4WD) atau All Wheel Drive (AWD).

Kedua, menggunakan truk derek. Hanya saja jika menggunakan truk yang satu ini, maka perlu diperhatikan cara menariknya dengan sistem penggerak pada mobil yang mogok, yaitu

         - Jika mobil menggunakan sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD), maka bagian depan mobil yang diangkat dan ditarik

         - Jika mobil menggunakan sistem penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD), maka bagian belakang mobil yang diangkat dan ditarik.

Perlu dicatat, jika pada bagian sistem penggerak dipaksa melaju ketika mesin mati, maka hal ini berisiko pada kerusakan komponen transmisi karena dipaksa berputar. Apalagi jika mobil dengan transmisi mobil otomatis.

Ketiga, jika hendak diderek ada baiknya pindahkan tuas transmisi pada posisi Netral atau N. Pada dasarnya, meski tuas transmisi dapat bergerak bebas di posisi netral, bukan berarti sistem transmisinya tidak akan ikut bekerja.

Keempat, jika mogok dan diderek, sebaiknya menambahkan oli transmisi otomatis atau Automatic Transmission Fluid (ATF) sebanyak 10 persen. Sebab ATF merupakan komponen vital dalam sistem transmisi matik, karena itu transmisi juga perlu dilakukan perawatan.

Kelima, ketika diderek, ada baiknya kecepatan mobil ketika ditarik kurang dari 50 km per jam dan jarak tempuh maksimal 25 km. (Her)