Copied to clipboard!
Ganti Freon AC Mobil

AC Mobil Dingin (Foto: Google)



TIPS

Cara Mengisi Freon AC Mobil Anda

Author : Zainal Abidin

17 Mar 2020


AC mobil OLXers kurang dingin? Bisa jadi ini karena freon AC mobil berkurang atau habis. Namanya komponen mobil, AC mobil juga perlu mendapatkan perawatan secara berkala agar bisa bekerja dengan maksimal.

Namun, seiring berjalannya waktu, freon AC bisa habis dan menyebabkan AC mobil jadi tidak dingin. Jika hal ini terjadi, mau tidak mau kamu harus mengisinya kembali.

Kamu bisa meminta teknisi yang sudah ahli untuk melakukan hal tersebut. Namun, hal ini pasti membutuhkan biaya tambahan. Nah, jika kamu ingin melakukannya sendiri, begini cara mengisi freon AC mobil yang perlu kamu tahu.

Cara Mengisi Freon AC Mobil

Sama seperti komponen mobil lainnya, AC juga perlu diperiksa dan dirawat secara rutin agar tetap bisa bekerja dengan maksimal. Namun, seiring penggunaannya, AC mobil bisa kurang dingin karena berkurangnya freon AC. Berikut cara mengisi freon AC mobil yang perlu kamu tahu.

1. Bersihkan AC mobil secara menyeluruh

Sebelum mulai mengisi freon AC mobil, kamu harus terlebih dulu membersihkan AC mobil secara menyeluruh. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal nantinya. Jangan lupa,lakukan hal ini secara rutin dan berkala, ya.

2. Kosongkan sisa freon mobil yang ada

Cara mengisi freon AC mobil yang berikutnya adalah kamu harus mengosongkan freon AC yang tersisa terlebih dahulu. Pastikan bahwa tidak ada freon yang tersisa sebelum kamu mulai mengisinya dengan freon AC baru.

Sama seperti proses penggantian oli mobil, kamu tidak disarankan untuk mencampur freon lama dengan yang baru karena ditakutkan akan menimbulkan berbagai masalah pada AC mobil atau bahkan pada mobil kamu sendiri.

Nah, proses pengosongan freon AC yang lama dilakukan dengan menutup bagian katup manifold gauge. Setelah itu, kamu harus menghubungkan bagian manifold gauge tersebut ke selang warna merah lewat alur menuju bagian nipel bertekanan tinggi.

Tidak berhenti sampai di situ saja. Ada juga selang warna biru yang ada pada nipel bertekanan rendah serta selang warna hijau melalui alur menuju pompa vacuum.

3. Proses mengisi freon AC mobil

Nah, setelah memastikan semuanya terpasang dengan baik dan benar, kamu bisa mulai membuka salah satu katup pada bagian manifold. Setelah itu, hidupkan bagian pompa vacuum.

Dalam proses ini, kamu harus memperhatikan dengan baik ukuran yang tercantum pada bagian vacuum gauge hingga menunjuk angka sekitar 600 mmHg (23,62 inHg, 80 kPa).

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah membuka sisi katup manifold bagian lainnya agar vacuum yang dihidupkan sebelumnya bisa bekerja lebih efektif. Tak cuma itu, hal tersebut juga bertujuan agar vacuum bisa bekerja lebih efisien karena bekerja pada kedua bagian sisinya.

Lebih lanjut, kamu bisa memastikan bahwa sistem yang berjalan ini sudah benar-benar membuatnya bersih dari udara, uap, atau air. Angka yang tertera idealnya menunjukkan 750 mmHg.

Nah, dalam melakukan proses ini kamu perlu bersabar. Sebab, proses ini sendiri akan memakan waktu sekitar 30 menit dan membiarkan pompa vacuumnya bekerja dengan baik. Setelah itu, tutup kedua bagian katup manifold dan matikan pompa vacuum.

Setelah kamu menutup kedua bagian katup manifold, kasih jeda waktu sekitar 15 menit dan jangan lupa melakukan pengamatan terhadap angka yang ditunjuk pada meteran.

Namun, jika angkanya menurun, berarti terdapat kebocoran pada sistem AC mobil kamu dan harus segera membawanya ke bengkel untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Itu cara mengisi freon AC mobil yang perlu kamu tahu. Namun, jika kamu tidak terlalu percaya diri untuk melakukannya sendiri, kamu bisa membawa mobil ke bengkel yang sudah terpercaya.

Selain itu, jangan lupa kunjungi OLX untuk dapat informasi tentang jual-beli mobil terkini. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! (OLX)