Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    BeritaCara Mudah Belajar Naik Motor Matik

    Cara Mudah Belajar Naik Motor Matik

    Sepeda motor matik atau tanpa gigi kini semakin digemari masyarakat. Meski di awal kemunculan motor matik dianggap jenis sepeda motor wanita, namun tidak di saat ini.

    Ya, sepeda motor matik jadi universal. Bisa digunakan tanpa melihat status pria wanita, muda-dewasa dan .

    Hal ini karena sepeda motor matik memiliki beberapa kelebihan mulai dari nyaman saat dikendarai, body keren, serta hadir dengan teknologi terkini sehingga tergolong hemat bahan bakar.

    Namun OLXer harus tahu, motor matik juga ternyata jadi alasan orang-orang belajar mengendarainya. Sebab, tidak sulit untuk menguasai motor matic karena transmisi yang digunakan hanya sebatas rem dan gas saja.

    Meski begitu, masih ada juga beberapa orang awam yang belum tahu bagaimana mengoperasikan motor roda dua ini dengan tepat, aman, dan nyaman atau justru takut karena tidak pernah berkendara sebelumnya.

    Oleh karena itu, jika OLXer ingin tahu cara sederhana mengendarai motor matik, maka seperti dilansir situs Wahana honda, ada beberapa yang perlu diperhatikan agar memastikan kegiatan berkendara berjalan dengan lancar.

    Kendarai di lapangan

    Ketika pertama kali belajar naik sepeda motor, selalu pastikan memilih tempat yang luas, seperti lapangan atau tanah kosong saat akan memulai belajar untuk pertama kalinya.

    Hindari di jalan raya

    Jangan gunakan jalan raya, apalagi padat lalu lintas atau perumahan dengan risiko banyak anak kecil lalu lalang. Pastikan juga pengendara menggunakan alat keselamatan dan dipandu oleh orang yang telah bisa berkendara sebelumnya.

    Gunakan perlengkapan keamanan

    Saat belajar naik sepeda motor, pastikan OLXer mengenakan berbagai perangkat keamanan, mulai dari helm, jaket, jeans, dan sepatu. Tentu saja perangkat yang digunakan demi keamanan dan keselamatan saat berlatih.

    Memahami fitur 

    Terdapat fitur utama yang bisa digunakan untuk menjalankan dan menghidupkan motor. Pertama adalah start yang terletak di sebelah kanan, lalu tuas gas yang ada di sebelah kanan, dan rem yang ada di sisi kiri dan kanan.

    Saat akan menghidupkan motor untuk pertama kalinya, tarik tuas rem lalu tekan tombol starter electric tersebut.

    Pastikan standar kaki sudah dinaikan karena motor matic menggunakan rancangan ini untuk memastikan jika pengendara selalu memperhatikan keselamatan dengan tidak lalai untuk menaikan standar kaki sebelum mulai mengendara.

    Saat pertama kali menghidupkan mesin, tarik gas secara perlahan agar motor tidak melaju dengan cepat.

    Dua rem yang ada di sisi kiri dan kanan memiliki fungsi yang berbeda. Rem sebelah kiri berfungsi untuk roda belakang, dan rem sebelah kanan berfungsi untuk roda depan.

    Ada tata cara yang bisa dilakukan untuk mengerem agar keselamatan tetap terjaga. Untuk laju menikung, disarankan untuk menekan rem belakang, khususnya untuk kondisi jalanan yang licin dan basah karena hujan.

    Lakukan latihan ini secara berkala dan jika sudah mulai terbiasa, beranikan diri untuk terjun langsung ke jalanan, lengkap dengan atribut keselamatan dan dipandu oleh orang lain yang sudah ahli.

    Gunakan kecepatan standar dari 10-20 km/jam untuk melatih kestabilan berkendara di awal. Selamat berkendara!

     

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait