Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriCara Mudah Bersihkan Jok Mobil

    Cara Mudah Bersihkan Jok Mobil

    Tak hanya bodi dan mesin, bagian kabin pada mobil juga perlu dilakukan perawatan, tak terkecuali jok. Pasalnya, jok mobil bisa saja tak sedap dipandang, entah karena kotor atau sobek.

    Seperti diketahui, pengemudi dan penumpang pasti pernah melakukan kesalahan atau tak sengaja menumpahkan makanan atau minuman, sehingga membuat jok bernoda.

    Selain makanan dan minuman, kotoran bisa saja menempel di jok karena tak sengaja terinjak sepatu, atau tertusuk barang bawaan sehingga jok menjadi sobek. Belum lagi jika membawa anak-anak. biasanya mereka sedang gemar menggambar, termasuk menggunakan jok sebagai kanvas.

    Adapun yang perlu diingatkan, jika jok terkena noda tinta pulpen, baik nya langsung dibersihkan, bila tidak maka akan sulit untuk menghilangkannya. 

    Sementara untuk membersihkan jok, beberapa perlengkapan juga harus dipersiapkan, mulai dari vacuum cleaner, lap microfiber, plas chamois, air, detergen, dan cairan pembersih jok. Beberapa perlengkapan ini cukup ampuh lho.

    Sebut saja fungsi vacuum cleaner, alat ini bisa dilakukan untuk pertama kali karena membantu menyedot debu dan kotoran kecil yang sifatnya kering.

    Sedangkan penggunaan detergen memang dianggap berguna untuk membersihkan noda. Akan tetapi tak semua bahan termasuk untuk jok bisa dibersihkan dengan detergen. Apalagi tidak sesuai aturan, karena bisa jadi membuat jok jadi lebih tambah masalah.

    Nah, untuk bahan Genuine Leather atau kulit asli, cukup bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner, dan setelah itu bahan plas chamois (bisa juga menggunakan merk Kanebo) lembab atau yang sudah basah digunakan untuk membasuh.

    Namun bisa juga menggunakan cairan khusus pembersih jok  dengan bentuk pasta lalu digosok. Jika sudah mengering, maka langsung menggunakan lap microfiber atau kain lembut. Hal ini perlu dilakukan agar tidak menyebabkan munculnya jamur yang mengakibatkan cepat rusak. Langkah ini bisa terus dilakukan, khususnya jika langsung terkena noda.

    Sementara untuk membersihkan jok berbahan kulit sintetis, caranya sangat mudah, jika kotoran membandel maka perlu menggunakan sikat kecil yang sudah dilumuri cairan pembersih jok.

    Sebaliknya, jangan menyeka jok menggunakan alkohol karena justru akan merusaknya. Setelah itu, keringkan dengan cara di lap microfiber.

    Adapun jika jok berbahan soft fabric, maka cara yang dilakukan bisa dengan cara menyapu kotoran kering dengan vacuum cleaner, kemudian beri cairan pembersih jok disekitar noda. Setelah itu, bersihkan jok dengan menggunakan sikat kecil secara perlahan, kemudian keringkan.

    Oia, sebagai bentuk perawatan jok pada umumnya, ada baiknya memarkirkan mobil di tempat teduh dan terhalang sinar matahari langsung. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait