Kamis, April 18, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriCara Mudah Buat Mesin Motor Jadi Mengkilap, Super Kinclong!

    Cara Mudah Buat Mesin Motor Jadi Mengkilap, Super Kinclong!

    Tampilan sepeda motor yang bersih dan kinclong bisa menjadi cerminan kepribadian sang pemilik. Namun OLXer perlu tahu, jika kebersihan akan sepeda motor tidak hanya seputar body atau roda-rodanya saja.

    Ya, kebersihan pada sepeda motor juga harus dilakukan pada bagian mesin. Pasalnya, jika mesin bersih, bukan tak mungkin selain jadi mengkilap, hal ini bisa jadi nilai lebih ketika dijual kembali.  

    Hanya saja, membersihkan bagian mesin sepeda motor kerap dianggap hal yang sia-sia karena posisinya berada di bawah sehingga mudah kotor. Belum lagi kotoran pada blok mesin karena campuran oli dan debu sehingga sulit dihilangkan.

    Baca juga: 4 Bagian Sepeda Motor yang Dianggap Tidak Penting, Tapi Ternyata Bermanfaat

    Nah, jika OLXer merasa sulit membersihkan mesin yang kotor, maka situs Wahana Honda memberikan beberapa tips agar membuat mesin kembali bersih dan mengkilap.

    Cara mengkilapkan mesin motor dengan mudah

    1. Siapkan alat dan bahan, seperti air, metal polish, kain berbahan lembut, sampo motor, amplas, dan ember.
    2. Posisikan sepeda motor bertopang pada standar dua. Ini bertujuan untuk membuka ruang lebih banyak pada bagian mesin sebelum mulai dibersihkan sehingga kamu lebih mudah untuk  mengkilapkan mesin motor.
    3. Basahi terlebih dahulu seluruh bagian mesin motor. Kemudian bersihkan blok mesin dengan menggunakan alat sikat yang sudah diberi cairan shampo hingga berbusa. Busa ini akan mengangkat minyak yang melekat pada permukaan blok mesin.
    4. Setelah mencucinya, lap mesin motor hingga kering dengan menggunakan kain kering berbahan lembut.
    5. Jika blok mesin sudah benar-benar kering, kini saatnya untuk mengeksekusi noda yang membandel. Kali ini kamu dapat menggunakan amplas untuk menghilangkan noda-noda tersebut amplas merata ke seluruh bagian blok mesin untuk memastikan noda sudah terangkat semua.
    6. Selanjutnya, OLXer bisa mulai proses mengkilapkan mesin motor dengan metal polish. Cairan ini merupakan produk khusus untuk mengkilapkan metal atau besi. Usapkan metal polish secara merata pada seluruh permukaan blok mesin. Gosok terus hingga permukaan blok mesin benar-benar mengkilap.
    7. Diamkan selama beberapa saat hingga metal polish benar-benar mongering dengan sempurna.
    8. Langkah berikutnya adalah mengecek kembali permukaan blok mesin. Jika masih ada noda yang membandel, kamu dapat menggunakan lap kering dan menggosoknya hingga noda tersebut hilang.

    Baca juga: Gosip atau Fakta, Bensin dan Solar Bisa Bersihkan Mesin Motor Sampai Kinclong

    Mengkilapkan mesin motor dapat dilakukan secara rutin setiap minggunya, terutama saat musim hujan. Pasalnya, kandungan yang ada di dalam air hujan akan berdampak pada kondisi kendaraan.

    Belum lagi, adanya PH pada air hujan yang dapat menimbulkan noda membandel pada blok mesin. Jika mesin motor terkena air hujan, segeralah bilas dengan menggunakan air bersih.

    Kemudian, lap dengan kain kering hingga tidak ada air yang tertinggal di permukaan. Dijamin, mesin motor kamu akan selalu kinclong setiap saat

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait