Copied to clipboard!

Ilustrasi jok kulit. (Ivan Kurmyshov/shutterstock)



TIPS

Cara Mudah Cegah Jok Kulit Mobil Berjamur

Author : Herdi Muhardi

19 May 2020


Kondisi pandemi virus corona seperti saat ini memang banyak membuat kendaraan khususnya roda empat jadi hanya terparkir di garasi rumah. Perlu diingat, meski mobil sedang tak dipakai karena harus mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah, namun OLXer tetap wajib merawatnya.

Bahkan, tak hanya bagian mesin dan eksterior, kabin mobil juga perlu dilakukan perawatan agar tetap dalam kondisi mulus. Terlebih jika OLXer memiliki kabin mobil yang dilapisi bahan kulit. Itu perlu ekstra perawatan lho. 

Ya, seperti pada jok, dashboard dan trim berbahan kulit memang lebih elegan dan terkesan mewah. Akan tetapi, kabin mobil berbahan kulit sering kali muncul jamur, sehingga jadi terkesan jorok dan kotor.

Menurut Technical Training Division Manager PT Sokonindo Automobile, Sugiartono, sama seperti DFSK Glory yang sudah dibalut kulit pada bagian kabin, untuk mencegah munculnya jamur caranya sangat praktis.

“Setidaknya mobil jangan sampai benar-benar diam tanpa pernah dibuka, dan tanpa mesin dihidupkan. Karena jika mobil betul-betul diam, lama kelamaan mengundang timbulnya jamur,” ungkap Sugi saat video conference beberapa saat lalu.  

Menurut Sugi, jamur akan sangat mudah muncul pada bahan kulit di dalam mobil, terlebih jika mobil ditutup rapat dan kondisinya sangat lembab.

Oleh karena itu, Sugi menyarankan,  jika mobil sedang tak dikendarai dalam waktu lama, setidaknya pintu atau jendela dibuka beberapa saat agar terjadi sirkulasi udara, serta mesin dihidupkan dan AC dinyalakan. Hal ini bisa dilakukan dalam interval waktu sekitar lima hari sekali.