OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Cara Mudah Cek Motor Mogok Sebelum ke Bengkel



Cara Mudah Cek Motor Mogok Sebelum ke Bengkel

13 Aug 2021

Ilustrasi seorang pengendara motor menyalakan motornya yang tiba-tiba mogok. (Yamaha)

Sepeda motor rusak atau mogok saat hendak dikendarai tentu saja sangat mengesalkan. Apalagi, ketika kita hendak buru-buru, namun motor tak kunjung menyala sama sekali.

Belum lagi, jika OLXer tak mengerti masalah mesin, dan bengkel motor jaraknya sangat jauh. 

Atas dasar kasus tersebut, Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah – DIY) Johannes BMS memberikan tips cara memeriksa sepeda motor mogok yang bisa dilakukan konsumen sebelum meminta bantuan teknisi di dealer. 

Nah, mau tahu apa saja yang bisa OLXer lakukan sendiri saat motor mogok, berikut caranya:

1.Cek fungsi main switch / kunci kontak

Cara pertama yang perlu OLXer lakukan ketika motor mogok adalah periksa kunci kontak apakah dapat berfungsi dengan baik sebagai penyambung atau pemutus arus kelistrikan.

2. Cek fungsi starter

Periksa fungsi starter dengan menekan tombol starting, jika motor sulit dinyalakan, atau tidak bisa menyala sama sekali berarti ada masalah. Hal berikut adalah penyebab sepeda motor Anda sulit hidup yaitu kelistrikan, pengapian, bahan bakar dan kompresi. 

3. Cek kondisi putaran mesin sepeda motor

Jika sepeda motor dapat menyala, panaskan sepeda motor selama 5 menit, kemudian cek kondisi putaran mesin apakah normal seperti biasanya atau tidak. 

Jika putaran mesin dirasa tinggi, rendah, atau tersendat-sendat berarti ada masalah di sistem injeksinya. Biasanya kerusakan dapat terlihat pada indikator kerusakan (indikator warna orange) pada speedometer, indikator tersebut akan berkedip atau menyala.

4. Cek lampu penerangan dan sinyal pada kendaraaan

Perhatikan kondisi lampu penerangan, cek fungsi lampu dekat dan jauh. Fungsi sinyal juga penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan fitur keamanan dan keselamatan berkendara seperti lampu sein dan lampu rem harus dalam kondisi yang baik.

Jika sudah memeriksa hal-hal di atas, dokumentasikan hasil pemeriksaan tersebut melalui foto atau video dan sampaikan hasil pemeriksaan tersebut kepada petugas dealer resmi yang akan dihubungi nanti. Dengan adanya informasi pemeriksaan sederhana tersebut sangat membantu teknisi dalam penyelesaian problem lebih cepat, tepat, dan akurat.

5. Cek tangki bahan bakar

Sebaiknya OLXer juga memeriksa tangki bahan bakar. Bisa saja motor mati mendadak karena kehabisan bahan bakar minyak.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga