Copied to clipboard!

Ilustrasi Fuso Home Service



BERITA

Cara Produsen Truk dan Bus Fuso Bertahan di Masa Pandemi Corona

Author : Herdi Muhardi

22 May 2020


Pandemi virus corona memang memberikan dampak buruk bagi perekonomian, tak terkecuali sektor otomotif. Bagaimana tidak, minimnya  penjualan otomotif, berimbas pula pada munculnya berbagai masalah, mulai dari stop produksi hingga pengurangan karyawan.

Bahkan bagi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor  kendaraan niaga seperti truk dan bus Mitsubishi Fuso di Indonesia, meski mereka market leader namun secara bisnis sangat terganggu.

Akibat pandemi Covid-19, retail sales (penjualan dealer ke konsumen) Fuso sendiri selama Januari-April 2020 kemarin, turun sampai 36,1 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

“Retail sales Mitsubishi Fuso periode Januari– April 2020 sebanyak 9.628 unit, turun 28.3 persen. Meski begitu kami tetap mendominasi secara absolut dengan pangsa pasar 47.8 persen,” ungkap Naoya Rocky Takai yang baru menjabat sebagai Presiden Direktur PT KTB per April 2020.

Work From Home, kata Rocky, memang diterapkan sejumlah perusahaan, termasuk Mitsubishi Fuso. Akan tetapi, lanjut dia, perusahaan dengan logo tiga berlian itu tetap memastikan seluruh konsumen bisa menerima layanan sales, service, dan spare part di tengah keterbatasan.

“Konsumen dapat menghubungi dealer kami serta FUSO Call Center untuk kemudahan pelayanan di nomor 0804-1-400-400,” ucapnya.

After Sales Service

Ya, After Sales Service merupakan sejumlah pabrikan otomotif agar bertahan di kerasnya kondisi seperti saat ini. Hal ini pula membuat Fuso memberikan beberapa program yang dapat memanjakan konsumen selama pandemi, antara lain:

1. Field Service Advisor Fuso, akan membantu dalam permasalahan konsumen (technical consultation), solusi dan penanganan. Bahkan konsultasi yang dilakukan tidak dikenakan biaya alias free.

2. Service Booking, perawatan dan perbaikan dapat dilakukan di tempat konsumen. tanpa biaya tambahan untuk maksimal jarak 20 km, serta gratis pengecekan kendaraan (general check).

3. Konsumen bebas memilih pekerjaan dan bebas memilih keuntungan (discount yang menarik atau free oil/part).

Paket Perawatan

Demi memberikan keuntungan tambahan bagi para pebisnis, KTB juga meluncurkan promo servis yang terdiri dari tiga macam paket dengan harga ekonomis yaitu Perawatan Ringan, Sedang, dan Berat. Konsumen akan mendapatkan spesial diskon Spare Part dan Jasa sampai dengan 25 persen atau mendapatkan Spare Part GRATIS dari setiap paket servis yang dipilihnya.

Adapun pilihan paketnya antara lain:

1. Paket 1 perawatan ringan (ganti oli dan tune up)

Dengan paket ini pebisnis akan mendapatkan diskon suku cadang 15 persen, diskon ongkos kerja 10 persen, atau paket gratis item oli filter dan oli drain plug.

2. Paket 2 perawatan sedang (ganti kampas rem dan kopling)

Dengan paket ini, diskon suku cadang 20 persen, diskon ongkos kerja 15 persen, atau paket gratis item seperti oli mesin, TM oil, Diff. oil, oli drain plug, oli filter, atau oli seal dan filter bensin.

3. Paket 3 perawatan berat (overhaul mesin dan transmisi

Paket ini menawarkan diskon suku cadang 25 persen, diskon ongkos kerja 15 persen, atau paket gratis item seperti oli mesin TM oil, Diff. oil, oli filter, atau oli seal dan filter bensin.