Copied to clipboard!

Pelek Torsion.



TIPS

Catat, Bagian Ini Tak Kalah Penting Diganti Ketika Upgrade Pelek

Author : Herdi Muhardi

29 May 2020


Salah satu cara mendandani sebuah mobil yaitu dengan melakukan upgrade pada bagian pelek standar dengan yang lebih besar.

Tentu saja, mereka yang doyan dengan penampilan akan merasa, bahwa penggantian pelek yang lebih besar bakal terlihat sporty dan sedap dipandang mata.

Namun OLXer yang ingin mengupgrade sebuah pelek, perlu tau juga ada bagian penting yang tentunya harus ikut di upgrade, yaitu sistem pengereman.

Seperti dilansir situs Hyundai Indonesia, setelah mengupgrade pelek maka mesti mempertimbangkan faktor daya cengkram mobil yang lebih baik.

“Karena permukaan velg yang lebih besar otomatis memiliki lebar permukaan yang lebih besar pula. Begitu pun dengan pengaplikasian ban, juga menggunakan profil yang tapaknya lebih lebar,” tulis Hyundai Indonesia, 

Selain meningkatkan daya cakram ketika melakukan pengereman, OLXer juga harus tau kalau semakin besar dimensi velg, semakin besar juga pengaruh dari body roll yang bertambah. 

Dengan sistem pengereman yang disesuaikan, maka beban yang akan ditanggung rem untuk menghentikan kendaraan juga akan semakin besar. Alhasil, kemungkinan rem standar saja tidak bisa optimal.

Terlebih jika dimensi, diameter, lebar dan berat velg yang baru cukup jauh bedanya dengan yang standar. Tujuannya melakukan upgrade sistem pengereman dengan yang lebih bagus adalah agar daya cengkeram dari rem tersebut tetap baik.

Selain sistem pengereman, ada juga beberapa komponen lainnya yang mesti di upgrade, seperti per dan sokbreker. Kenapa? 

Karena penggantian komponen ini bertujuan agar suspensi semakin rigid dan mampu mereduksi gejala body roll saat menikung.