Copied to clipboard!
Tren Warna Mobil

Honda Jazz warna putih banyak diminati (Foto: Honda)



MOBIL BEKAS

Catat! Harga Jual Mobil Bekas Dipengaruhi Warna

Author : Zainal Abidin

19 Mar 2020


Percaya gak percaya, tapi inilah kenyataannya. Saat merilis model mobil terbaru, biasanya produsen otomotif juga menawarkan varian warna tertentu untuk jenis kendaraan.

Selain warna yang umum seperti hitam atau putih, banyak perusahaan yang merilis warna terbatas alias limited edition, seperti gold, ungu, maroon, dan sebagainya.

Permintaan konsumen terhadap suatu warna tertentu juga turut mengangkat harga jual mobil. Sesuai prinsip ekonomi, jika permintaan suatu barang bertambah, maka akan naik pula harganya.

Kelir hitam dan silver konon sangat dicintai oleh masyarakat Indonesia. Sementara untuk warna yang terlalu mencolok atau “ngejreng” seperti kuning, biru atau merah, harga jual kembalinya juga turun karena jarang diminati konsumen.

Warna Apa Yang Sedang Tren?

Selain beberapa warna di atas, pasaran otomotif di Indonesia saat ini sedang menggandrungi warna putih. Padahal, dahulu warna putih masih dipandang sebelah mata. Bahkan, kerap dicap sebagai mobil ambulans.

Tapi, kenyataannya tren memang tidak bisa diprediksi dan selalu berputar. Apa yang akan tren di masa lalu, akan menjadi tren di masa depan. Seperti sebuah siklus dalam rentang 15 – 20 tahunan.

Mobil-mobil berwarna putih yang harga jual mobil bekasnya masih tinggi di antaranya seperti Honda Jazz, Suzuki Swift, Toyota Fortuner, dan Toyota Kijang Innova.

Cara Menjual Mobil dengan Harga Terbaik

Bila mungkin warna mobil Anda tidak termasuk warna yang paling diminati di pasaran, jangan berkecil hati. Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan harganya.

Misal dengan memperbaiki cat atau mengecat ulang agar tampak lebih berkilau. Merawat mesin, jok, atau ban dan kaki-kakinya.

Dengan kondisi mobil yang berkualitas, tentu pembeli tidak akan “rewel” jika mengetahui harga yang sedikit di atas harga jual mobil bekas umumnya.

Sebaliknya, apabila warna mobil termasuk yang diminati konsumen pembeli mobil bekas. Misalnya mobil warna silver, hitam atau putih, agar mendapatkan harga terbaik, bersabar saja ya.... 

Sebagai contoh, bila pasar sedang tinggi permintaan terhadap mobil yang warna hitam, maka Anda bisa segera menjual mobil kesayangan. Namun, pertimbangkan pula apakah stok yang ada di pasaran masih ada.

Balik lagi ke prinsip ekonomi, bila permintaan tinggi, namun stok barang terbatas, harga pasti akan cenderung meningkat. Jadi, harga jual mobil bekas juga akan lebih bagus dibanding waktu lain.

Nah, buat Anda yang ingin menjual mobil bekas, tak perlu repot mencari makelar kesana-kemari. Langsung saja ke OLX. Cepat, praktis dan mudah! (OLX)