Copied to clipboard!

Ilustrasi mobil mogok. (Shutterstock)



BERITA

Catat, Jika Aki Mobil Bermasalah Jangan Lakukan Engine Starter Lebih dari 3 Kali

Author : Herdi Muhardi

11 Jul 2020


Salah satu bagian paling penting sebuah mobil yaitu pada bagian aki. Sebab, komponen ini menjadi sumber daya listrik yang tentu fungsinya sangat vital. Karena sangat penting, setidaknya OLXer harus sedikit tahu masalah yang sering terjadi pada aki.

Sama seperti komponen mobil lainnya, aki juga bisa mengalami masalah. Bahkan berdasarkan keterangan tertulis, Peugeot, jika engine starter sulit dinyalakan, maka jangan jangan memaksakan untuk menghidupkannya, karena kemungkinan aki tekor atau soak.

Seperti halnya mobil-mobil Eropa khususnya Peugeot, jika memaksa menghidupkan mesin ketika aki sedang soak, maka jika dipaksakan akan muncul masalah pada sistem elektronik kendaraan.

“Jika aki yang menjadi sumber baterai mengalami masalah, sebaiknya jangan lakukan cranking mesin atau engine starter lebih dari 3 kali. Hal itu akan menimbulkan masalah pada sistem elektronik kendaraan,” ungkap After Sales Support Astra Peugeot, Samsudin,

Tidak sampai disitu, risiko terparah jika engine starter dipaksakan menyala, maka program pada ECU dan Built-in System Interface (BSI) atau kontrol elektronik sistem kendaraan bakal alami locked.

Oia, aki juga bisa saja menjadi tidak stabil. Hal terjadi karena sumber listrik kendaraan terganggu, sehingga kemampuan komponen internal pada aki yang bertugas menyimpan energi listrik (hasil kerja Alternator) tidak sudah tidak maksimal. 

Menurut Samsudin, salah satu masalah pada aki bisa saja karena ada penambahan daya dalam kendaraan kerap membuat pasokan listrik ekstra. Sebagai contoh, penambahan system audio hingga lampu-lampu yang membutuhkan daya ekstra, yang tentunya dapat menyedot sumber kelistrikan.

“Sebaiknya untuk penambahan audio atau lampu-lampu atau perlengkapan lainnya, bisa di konsultasi ke bengkel resmi untuk bisa mengatasi masalah kelistrikan mobil. Bila tidak, hal ini bisa menggugurkan garansi mobil,” ungkap Samsudin dalam keterangan tertulis. 

Tanda Aki Mulai Bermasalah

Sebelum aki benar-benar mengalami masalah, OLXer sebenarnya bisa mengetahui ciri-cirinya yaitu.

Pertama, indikasi suara dinamo starter terdengar lemah. Jika aki bermasalah maka mesin mobil jadi susah atau malah tidak mau hidup. 

Kedua, jika aki kurang daya karena usia pemakaian, atau kurang setrum bisa disebabkan energi terbuang saat mesin tidak hidup atau terjadi kendala pada komponen pengisian aki (Alternator).