TIPS

Catat, Kelelahan Dan Mengantuk Saat Mengemudi Bisa Sebabkan Kecelakaan

08 Nov 2019

Mengemudi mobil atau sepeda motor bisa jadi kegiatan yang dilakukan setiap hari oleh sejumlah orang. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, tentu saja hal ini dapat menunjang mobilitas yang cukup tinggi.

Namun OLXer harus tau, kalau mengemudi tak boleh dianggap enteng. Apalagi, jika kondisi tubuh sedang tidak fit.

Bahkan menurut praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sonny Susmana, salah satu fakta tingginya kecelakaan bisa diakibatkan kelelahan atau mengantuk.

“Kelelahan atau fatigue terjadi karena pengemudi mengabaikan sinyal dari tubuh untuk beristirahat dan memaksakan diri untuk cepat sampai,” ucap Sonny dalam acara Edukasi Keselamatan Berkendara Seru ala Daihatsu dan Komunitas di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (11/8/2019).

Jika OLXer lelah atau mengantuk, pada dasarnya tak ada obat. Sebaliknya, kata Sonny, sebaiknya tubuh diistirahatkan. Hal ini juga berlaku jika OLXer sudah berkendara lebih dari  tiga jam.

Menurut Sonny, jika mengantuk, boleh saja meminum kopi, namun kemudian harus tetap tidur, karena efek kafein baru akan dirasakan satu jam setelah diminum.

“Sehingga saat bangun, tubuh fresh karena mendapatkan istirahat yang cukup dan juga dari efek kafein kopi,” ucapnya.

Sonny juga menegaskan, seharusnya pengemudi yang mengendalikan mobil, bukan dikendalikan oleh mobil.

“Kuncinya adalah dengan mengikuti aturan lalu lintas dan selalu menggunakan akal sehat saat berkendara,” tutupnya.