Copied to clipboard!

Suzuki Ertiga lansiran 2012.



MOBIL BEKAS

Catat, Modal Rp 100 Juta Bisa Dapat Suzuki Ertiga Bekas Secara Tunai

Author : Herdi Muhardi

18 May 2020


Suzuki Ertiga salah satu mobil yang cukup banyak diminati di Indonesia. Maklum, masuk segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV), mobil ini jadi salah satu pesaing berat dari Toyota Avanza di pasar Indonesia.

Suzuki Ertiga sendiri hadir pertama kali di Tanah Air pada 2012. Sebelumnya, Suzuki Ertiga hadir sebagai mobil konsep dengan nama R-III yang dipamerkan di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010.

Sosok Suzuki Ertiga juga memang mirip seperti Toyota Avanza, mulai dari bentuk dengan moncongnya di depan dan memiliki kapasitas 7-8 orang penumpang.

Saat pertama kali Suzuki Ertiga muncul, mobil ini sudah menawarkan tiga tipe, yaitu GA, GL dan GX, dengan pilihan transmisi manual dan matik.

Mesin yang dibenamkan pertama kali pada Suzuki Ertiga ini menggunakan kode K14B, DOHC, 4 in line  yang menghasilkan daya hingga 95 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 1.304 Nm pada 4.000 rpm.

Selang 2017, Suzuki Ertiga hadir dengan varian mesin Diesel Hybrid. Mesin ini diklaim menawarkan teknologi canggih dan memberikan konsumsi bahan bakar minyak optimal dan kenyaman berkendara.

Saat diluncurkan, Suzuki Ertiga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid menggunakan mesin berkode D13A berkapasitas 1.300 cc DOHC, Direct Injection System (DDiS),  yang mampu mengeluarkan tenaga 89 ps pada 4.000 rpm dan torsi 200 nm pada 1.750 rpm.

Tak berapa lama, pada 2018 Suzuki Ertiga meluncur generasi kedua, dengan berbagai perubahan, termasuk menggunakan platform 'HEARTECT' yang merupakan platform ringan yang sama yang digunakan untuk produksi mobil hatchback Baleno, Ignis dan Swift, dan mengusung mesin bensin dan diesel dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Suzuki Ertiga juga mengalami beberapa ubahan termasuk pada 2019, kemudian muncul lagi varian Suzuki Sport da, hadir lagi Suzuki Ertiga Improvement 2020.

OLXer harus tahu, kalau harga Suzuki Ertiga saat ini sudah melonjak tajam. Sebab saat pertama kali dijual, harganya tak ada yang tembus di atas Rp 200 jutaan, seperti tipe Ertiga GA Rp143 jutaan, kemudian tipe GL Rp153 jutaan dan untuk versi tertinggi atau GX Rp165 jutaan. 

Sedangkan saat ini, Suzuki Ertiga model paling termurah yaitu GA dengan transmisi manual dijual dari Rp 205 juta dan yang termahal dilepas sampai Rp 249 juta.

Nah, jika OLXer ingin memiliki mobil Suzuki Ertiga dengan harga miring, maka alternatifnya bisa memilihnya dengan status bekas. Sebab, Suzuki Ertiga bekas seperti di situs jual beli OLX.co.id banyak juga dijual dengan banderol Rp 70-100 jutaan untuk tahun produksi 2012-2014.

Apabila OLXer memang mencari Suzuki Ertiga dengan budget terbatas atau kurang dari Rp 100 juta, bisa juga mengeceknya di sini.