Copied to clipboard!

Ilustrasi rem tangan. (Yourmechanic)



TIPS

Catat, Rem Tangan Saat Mobil Berhenti di Jalan Miring Tak Jaminan Aman

Author : Herdi Muhardi

31 Aug 2020


Rem pada sebuah mobil atau truk dan bus tak hanya ada di bawah yang bisa beroperasi dengan cara diinjak. Sebab, rem juga ada di konsol tengah yang disebut rem tangan atau kerap juga disebut rem parkir, karena memang lebih sering digunakan saat parkir.

Sejatinya, rem tangan sangat penting dan wajib ada pada sebuah mobil. Tentu saja, fungsi dari rem tangan sama seperti rem kaki, yaitu agar mobil tidak bergerak bebas, ketika berhenti atau parkir.

Oia, rem tangan yang banyak kita jumpai pasti berbentuk stick atau tongkat. Cara pengoperasiannya tuas rem ditarik kemudian tombol di ujung tuas ditekan lalu dilepas. Demikian sebaliknya jika ingin melepasnya.

Namun begitu, OLXer perlu tau, rem tangan juga masih ada berbentuk pedal dekat rem kaki yang banyak digunakan pada mobil dengan transmisi matik. Selain itu, ada juga rem tombol yang saat ini banyak diterapkan di mobil-mobil mewah karena hanya menggunakan sentuhan jari untuk mengaktifkannya.

Nah, bicara sol rem tangan, tak sedikit yang penasaran bolehkan mengaktifkan rem tangan ketika dijalan menurun atau tanjakan?

Pada dasarnya, sah-sah saja dan sangat dianjurkan menggunakan rem tangan ketika mobil berhenti atau parkir, agar tidak menggelinding. Namun seperti dilansir situs resmi Nissan, bila kendaraan sering berhenti di daerah pegunungan atau jalanan yang menanjak sangat disarankan untuk memberi pengganjal pada roda.

“Pasalnya, rem tangan bisa cepat aus karena bekerja terlalu berat, apalagi bila beban yang ada di dalam mobil sangat berat. Jadi, rem tangan tak sepenuhnya menjamin memberhentikan kendaraan secara lama di jalanan miring,” tulis akun Nissan.

Nah, oleh karena itu jika OLXer memang sering parkir dengan kondisi sedikit tanjakan, maka seharusnya ganjal pada bagian ban menggunakan batu atau balok agar mengurangi resiko rem bermasalah.

Selain itu, sebaiknya lakukan perawatan rem tangan agar dapat membantu menjaga komponen tersebut tetap awet dan dapat diandalkan ketika digunakan bersama keluarga.

.