OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Cegah Karat Dengan 3 Bahan yang Bisa Beli di Warung



Cegah Karat Dengan 3 Bahan yang Bisa Beli di Warung

20 Sep 2020

Ilustrasi karat pada mobil. (fullgleam)

Korosi atau karat kerap kali muncul pada mobil. Tentu saja keberadaan karat lama kelamaan dapat menggerogoti material khususnya berbahan logam. Jika material seperti besi atau baja pada mobil terkena karat, bukan tak mungkin akan berlubang bahkan patah.

Munculnya karat biasanya karena terkena unsur udara dan air, seperti halnya sering terkena air dan hembusan angin. Nah, karena itu karat juga akan muncul apabila terpapar air laut atau terlalu lama berada di udara dekat laut, kotoran yang lama tak dibersihkan, kemudian terkena air hujan lalu dibiarkan begitu saja tanpa di lap dan dikeringkan.

Agar terhindar dari karat dimana permukaan logam jadi berwarna cokelat,  kasar, serta rapuh, maka pada dasarnya hal tersebut bisa dicegah. Bahkan, untuk menghilangkan karat sejatinya tidak sulit, bahkan sangat mudah.

Seperti dilansir situs resmi Daihatsu, bahan yang digunakan ternyata sudah ada di rumah, bahkan jika mencari ke warung juga tersedia. Mau tau apa saja berikut ulasannya:

1. Cuka

Cara menghilangkan karat pada bagian bagian mobil cukup mudah, tinggal menggunakan sikat dan lap khusus lalu cuka tersebut dicampurkan sedikit air.

Asam, khususnya asam sitrat atau asam asetat, adalah zat yang ampuh menghilangkan karat. Jika bagian mobil yang berkarat bisa dibongkar Anda hanya perlu merendam bagian yang berkarat dengan air cuka selama 1-2 hari.

Jika karat masih ada perendaman mesti dilakukan lebih lama, sehingga asam mendapat lebih banyak kesempatan untuk melakukan tugasnya.

2. Lemon

Selama ini lemon atau jeruk nipis bekerja sangat baik untuk menghilangkan noda pada pakaian, namun selain itu lemon juga ternyata efektif untuk menghilangkan karat pada logam jika dibiarkan bekerja untuk waktu yang cukup lama.

Taburkan garam di atas bagian yang berkarat, rendam dengan lemon atau jeruk nipis, dan kemudian kikis dengan bola penggosok alumunium.

3. Baking Soda

Baking soda juga bisa sebagai bahan lain untuk menetralisir karat di mobil. Baking soda sangat efektif untuk membersihkan karat di mobil.

Caranya dengan menyikat bagian yang berkarat menggunakan sikat atau lap khusus yang sudah direndam dalam baking soda.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga