Copied to clipboard!
Busi Kendaraan

Cek busi dengan cara sederhana (Foto: NGK)



TIPS

Cek Busi Kendaraan Tanpa Harus ke Bengkel, Perhatikan Hal Ini

Author : Zainal Abidin

31 Mar 2020


#dirumahaja bukan berarti tidak bisa menyalurkan hobi, apalagi kaitannya sama hobi ngoprek-ngoprek mobil. Bisa banget dilakukan kalau cuma sekadar mau ngecek kondisi parts yang memang harus rutin diperhatikan.

Salah satu parts yang memang butuh perhatian namun kadang selalu luput dari pengamatan kita adalah busi

Karena posisinya tersembunyi, tidaklah heran kalau selalu luput dari perhatian. Padahal fungsinya sangat vital dalam melakukan proses pembakaran bahan bakar secara sempurna agar kendaraan bisa melaju dengan normal.

Nah, untuk melakukan pengecekan di bagian busi, caranya pun tidaklah sulit OLXers. Tinggal punya niat yang kuat saja dan menyiapkan beberapa tools sederhana seperti kunci standar untuk membuka compartment, kunci busi sesuai dengan kendaraan masing-masing, serta kaca pembesar. 

Jika busi sudah berhasil dilepas dari rumah businya dengan tools yang tadi dipersiapkan, giliran kaca pembesar melaksanakan fungsinya untuk melihat lebih detail gejala-gejala yang menunjukkan kondisi busi seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over bahkan keausan yang terjadi secara normal. 

Busi yang terpakai biasanya mengalami proses pembentukan kerak karbon. Kalau kejadiannya seperti itu masih bisa dilakukan pembersihan.

Cuma untuk proses membersihkan busi yang paling direkomendasikan dengan cara menyemprotkan penetran pembersih kampas rem lalu dilap menggunakan kain.

Sangat tidak dianjurkn untuk membersihkan busi dengan cara disikat pakai sikat kawat ataupun diamplas. 

Tapi kalau kerak karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator, maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru dan itu akan sangat membantu mengembalikan performa busi dan menjamin kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Gimana, mudah kan? Daripada bosan #dirumahaja untuk menghindari tertular virus Corona, enggak ada salahnya untuk menyalurkan hobi. (Z)