Copied to clipboard!

MG MZ meluncur di Indonesia.



MOBIL BARU

Detail Spesifikasi dan Harga Mobil Baru MG ZS di Indonesia

Author : Herdi Muhardi

24 Mar 2020


Setelah mengumumkan kehadirannya secara senyap di pasar otomotif nasional, merek mobil asal Inggris, Morgan Morris atau MG, akhirnya secara resmi meluncurkan produk terbarunya yaitu MG ZS ke Indonesia dengan cara via virtual melalui live streaming di akun Youtube MG Motor Indonesia, Selasa (24/3/2020).

Mobil baru MG ZS sendiri merupakan sosok Sport Utility Vehicle (SUV) kompak yang diklaim memiliki desain khas Inggris yang elegan dan penuh gaya. Di kelas ini, MG ZS akan bersaing dengan beberapa mobil antara lain Honda HR-V, Mazda CX-3, Suzuki S-Cross, Toyota CH-R, Hyundai Kona, hingga KIA Seltos.

Managing Director MG Motor Indonesia, Figo Lee, mengatakan bahwa dirinya memahami betapa uniknya industri otomotif Indonesia dan menyadari bahwa potensi ini hanya dapat dimaksimalkan melalui meredefinisikan ekspektasi. Namun begitu, dengan pengalaman yang luas, sejarah yang mengesankan, serta warisan kebanggaan Inggris, MG percaya bahwa pasar Indonesia akan menaruh kepercayaan pada nilai-nilai merek MG.

“Kami telah menerima masukan dan pujian yang diberikan pada desain menarik dan menyenangkan khas Inggris yang ditanamkan pada MG ZS. Tentu, kami sangat senang bahwa lambang segi delapan (oktagonal) MG yang ikonik tidak pernah berhenti menginspirasi para penggemar otomotif di dunia, termasuk Indonesia,” ungkap Lee saat sambutannya.

Lee juga mengatakan, kebangkitan MG secara global menandakan keberhasilan berkelanjutan yang bertahan dan teruji oleh waktu. Karena itu, MG terus berkembang sejak 1924 dan hari ini menandai tonggak sejarah evolusi tersebut.

Dia juga menyebutkan, kehadiran MG menawarkan pengalaman berkendara tersendiri. Sebab, lanjut dia, MG telah teruji oleh waktu dan siap untuk memantik kembali excitement dari pengalaman berkendara yang menyenangkan dan otentik.

Detail MG ZS

Eksterior

Mobil MG ZS digadang-gadang dirancang di Inggris, dengan desain yang sangat khas ala British. Diketahui, MG ZA ini memiliki dimensi berukuran panjang 4.314 x lebar 1.809 dan tinggi 1.611mm.

Sekilas, dari tampang depan mobil mirip dengan Mazda CX-3 khususnya pada bagian gril, bemper dan lampu. Tapi perlu dicatat, mobil ini dilengkapi lampu utama LED DRL HID, serta dipasang electric panoramic sunroof sehingga lebih memberikan kesan mewah.

Interior

Masuk ke dalam kabin, MG ZS ini memberikan kesan mewah karena dilengkapi sistem infotainment dengan layar berukuran 8 inci yang terkoneksi dengan Apple CarPlay, Cruise Control, serta Tyre Pressure Monitoring system

Oia, mobil ini juga diklaim memiliki ruang kaki luas, dan pendingin udara yang dapat diputar 360 derajat.  Khusus pada pendingin udara berdesain 360 derajat beroleskan krom satin dan sentuhan bezel yang mencuat dari dasbor berkulit lembut sehingga jadi terlihat.

Belum sampai disitu, kursi berwarna ganda berbahan kulit lembut juga diterapkan sehingga memperkuat nuansa sporty dan elegan.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Fitur keamanan juga jadi konsen mobil yang dibuat di China ini. bagaimana tidak, mobil ini rupanya sudah memiliki sertifikasi dari peringkat keamanan European New Car Assessment Program (Euro NCAP) dan Australasian New Car Assessment Program (ANCAP).

Selain itu, mobil ini juga sudah menggunakan struktur rangka Full Space Frame (FSF), dilengkapi dengan teknologi Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Electronic Brake Assist (EBA), Curve Brake Control (CBC), Stability Control System (SCS), dan Traction Control System (TCS) membuat baik pengemudi maupun penumpang dapat

Tak lupa OLXer, mobil ini ternyata sudah dilengkapi enam titik airbags, yaitu dua front side airbags, dua side airbags, serta dua side curtain airbags.

Mesin

Untuk jantung pacu, MG ZS diklaim telah dibenamkan  mesin 1.498 cc 15S4C DOHC 4-silinder 16 katup VTi-TECH injeksi bahan bakar multi-point dan menghasilkan tenaga maksimum sebesar 114 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 150 Nm pada 4.500 rpm.

Tenaga dari mesin ini disalurkan melalui transmisi otomatis empat percepatan yang diatur dengan menerapkan sistem triptonic.

Harga dan ketersediaan

MG ZS hadir dalam dua pilihan, yaitu Excite dan Ignite. Menyoal harga, sebagai berikut:

-          MG ZS Excite Rp 255.800.000

-          MG ZS Ignite Rp 289,800,000

Mobil yang dijual dengan status on the road Jakarta, tersedia dalam lima pilihan warna: Scarlet Red, Marina Blue, Black Knight, Arctic White, dan Silver Metallic.