OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Di Rumah Aja? Berikut Tips Mencuci, Mengecek, dan Merawat Ban Lebih Tahan Lama



Di Rumah Aja? Berikut Tips Mencuci, Mengecek, dan Merawat Ban Lebih Tahan Lama

21 Apr 2020

Ilustrasi memberishkan ban. (Shutterstock)

Stay di rumah, jadi pilihan di tengah merebaknya virus corona di Indonesia. Bahkan pemerintah tak hanya menghimbau untuk bekerja di rumah dan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tetapi juga melarang warga untuk mudik lebaran 2020. Namun tak perlu merasa bosan jika memang harus di rumah. Pasalnya banyak kegiatan yang bisa OLXer lakukan di rumah, termasuk dalam perawatan mobil.

Nah, kali ini News OLX akan memberitahu perawatan yang bisa dilakukan di rumah, dan tentunya cukup mudah, yaitu melakukan pengecekan ban. Adapun berikut ini kami akan memaparkan apa saja yang harus dilakukan untuk merawat ban.

Cara Membersihkan Ban

Nah, untuk merawat ban, OLXer cukup rajin membersihkan dengan cara mencuci bagian dinding ban, tapak ban dan termasuk velg ban. Hal ini dilakukan guna menghilangkan sisa-sisa debu atau kotoran, termasuk menghindari bahan kimia yang kemungkinan bisa mengenai ban sehingga mampu mengikis karet ban.

Selain itu, untuk membersihkan ban cukup dengan air sabun dan menggunakan sponge, tanpa harus menggunakan air bertekanan tinggi yang bisa merusak dinding ban. 

Setelah ban bersih dan kering, OLXer juga bisa menggunakan semir ban untuk mempercantik penampilan. Namun perlu diingat gunakan semir ban yang berbahan bebas pelarut, semir ban yang baik juga mampu menolak sinar matahari. Hal ini karena dapat merusak ban karet.

Cara Cek Kondisi Ban

Merawat ban tak hanya sekadar mencucinya, namun sebaiknya OLXer harus memeriksa secara visual di bagian tapak ban, apakah dalam kondisi baik atau tidak. Selain itu, gejala ban juga bisa terjadi karena aus yang tidak merata, benjol, atau retak-retak.

Karena itu, bagian ban yang perlu dilakukan pemeriksaan yaitu mengecek ketebalan, apakah ban masih layak digunakan atau mungkin sudah botak. Dengan melakukan pemeriksaan OLXer bisa memprediksi dan menyiapkan biaya untuk membeli ban baru.

Oia, cara melihat kondisi ban caranya juga sangat gampang, karena setiap merek ban menyiapkan indikator tapak yang disebut tread wear indicator. 

Cara Supaya Ban Awet

Agar ban tetap dalam kondisi prima dan tidak mudah rusak, ada beberapa hal yang perlu OLXer lakukan, antara lain:

1. Isi angin ban dengan tekanan yang sesuai atau yang dianjurkan pabrikan dalam buku manual atau ukurannya bisa dilihat di dekat pintu depan pengemudi. Jika tekanan angin terlalu ban akan mudah pecah.

Sedangkan jika ban kekurangan angin, ada terjadi beberapa masalah, seperti tarikan jadi lebih berat sehingga boros bahan bakar, ban cepat aus tidak merata, atau ban pecah.

2. Jika ban kempes, segera tambah angin dan jangan dipaksakan dikendarai, karena hal tersebut akan semakin mempermudah ban bocor, botak, atau retak. 

3. Hindari membawa beban yang melebihi kapasitas. Jika hal tersebut sering dilakukan ban akan cepat rusak, termasuk pada kaki-kaki mobil.

4. Jika terkena tumpahan minyak seperti bensin dan oli, cepat dibersihkan, karena cairan tersebut berpotensi merusak elastisitas karet ban.

5. Merotasi ban juga perlu dilakukan yaitu ban depan sebelah kanan dipindahkan ke belakang sebelah kiri. Demikian sebaliknya. Hal ini dipercaya dapat mampu meningkatkan keausan ban merata baik depan maupun belakang. Selain itu kestabilan ban juga bisa terjaga. 

6. Jangan terlalu lama ban didiamkan dengan menahan bobot berat mobil. Sebab hal tersebut bisa membuat ban mengalami flat spot. Hal yang bisa dilakukan mendongkrak keempat rodanya dan menopang mobil menggunakan  jack stand. Cara mudah lainnya adalah menggeser posisi mobil seperti maju dan mundur, tapi jangan sampai dikembalikan ke posisi semula.

7. Hindari parkir di tempat terbuka yang terpapar langsung sinar matahari. Hal ini karena dapat beresiko membuat ban getas dan pecah. 

Yuk ikutan berkontribusi dalam menghalau coronavirus di Indonesia dengan cara klik disini! 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga