OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Mobil Baru /  Dibanderol Rp 1,245 Miliar, Apa Saja Keunggulan Mobil Listrik Lexus UX300e



Dibanderol Rp 1,245 Miliar, Apa Saja Keunggulan Mobil Listrik Lexus UX300e

03 Dec 2020

Lexus UX300e.

Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang meluncurkan mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV), Lexus UX 300e. Karena menggunakan brand premium, Lexus, Mobil bergaya Compact Luxury Crossover ini dibanderol Rp 1,245 Miliar dengan status on the road Jakarta.

Harga Lexus UX300e ini memang lebih mahal dari Hyundai Ioniq Electric Prime dan Signature yang dijual Rp 624,8 juta dan Rp 664,8 juta, serta Hyundai Kona Electric seharga Rp 674,8 juta. Akan tetapi, Lexus UX300e masih lebih murah dari BMW i3S yang harganya Rp 1,309 miliar serta Tesla Model 3 yang dilepas Rp 1,5 miliar.

“Kami optimistis kehadiran Lexus UX 300e akan memberikan warna baru bagi industri otomotif, lifestyle, dan luxury market di Indonesia terutama untuk para Lexus Enthusiasts yang sangat environmentally conscious,“ ungkap General Manager Lexus Indonesia Meinisa.

Nah, bicara soal Lexus UX300e, sebenarnya modal apa saja sehingga bisa jadi keunggulannya agar dilirik konsumen di Indonesia? berikut ulasannya:

Eksterior

Lexus UX300e
Tampilan depan Lexus UX300e

Sejatinya, Lexus UX300e dikembangkan dari basis Lexus UX series. Tampil mobil ini memiliki desain edgy nan elegan, sama seperti versi UX hybrid.

Beberapa fitur exterior khas Lexus UX memang sudah dibenamkan signature Lexus spindle grille, 3-LED Projector Headlights, dan terobosan inovasi lampu belakang limitless line berbentuk horizontal sehingga akan mudah dikenali jika mengemudi saat malam hari.

Yang paling membedakannya justru terlihat dari logo bertuliskan electric dibagian bawah pintu baris kedua.

Interior

Lexus UX300e
Lexus UX300e

Masuk ke dalam interior, Lexus UX 300e mempertahankan kemewahan sehingga akan tetap terasa aura premium khas Lexus demi memberikan kenyamanan baik pengendara maupun penumpangnya.

Ya, Interior Lexus UX 300e mengusung tema Human-Centered Cockpit, penempatan jok dan fitur-fitur berkendara yang terfokus kepada pengemudi dan penumpangnya. Bahkan untuk mengatur posisi lingkar kemudi sudah elektrik.

Lexus UX300e
Lexus UX300e

Untuk Driving experience mobil ini dilengkapi Digital Optitron Tachometer dan Head-Up Display yang dapat menampilkan informasi berkendara seperti kecepatan dan daya baterai. Sedangkan pengaturan mode berkendara dan stability control ada di atas head up display.

Selain itu, sebagai sentuhan flagship yang fungsional, Electronic Drive Selector yang terinspirasi dari Lexus LC telah menggantikan persneling konvensional untuk pengalaman mengemudi layaknya sebuah Lexus flagship. Bahkan jika dilihat lihat mirip joystick untuk bermain game. Yang semakin menunjang kenyamanan seperti halnya Power Back Door with Kick Sensor.

Lexus UX300e
Lexus UX300e

Di baris penumpang, sudah terintegrasi audio switch Lexus UX 300e yang berada pada arm rest menciptakan efisiensi dalam mengontrol sistem multimedia yang telah dilengkapi dengan 13-speaker Mark Levinson Surround Sound System dan 10.3” Center Display, sebagai yang paling unggul di kelasnya, dan telah dilengkapi dengan Apple CarPlay™ dan Android Auto™ sebagai penunjang berkendara.

Fitur yang dipasang pada Lexus UX300e juga tak kalah penting, seperti fitur keselamatan terdapat delapan SRS Airbags, Blind Spot Monitor, Panoramic View Monitor, dan lainnya.

Ditambah lagi dengan Lexus Safety System+ dengan empat fitur utama, yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) dan Adaptive High Beam System (AHS).

Pada dasarnya bagian interior mobil ini bisa dipasang berbagai optional tergantung selera. Termasuk pemilihan jok berbahan kulit. Hal inilah menambah kesan bahwa Lexus tetap ingin memenuhi keinginan konsumen. 

Mesin dan pengecasan

Lexus UX300e
Mesin Lexus UX300e

Untuk jantung pacu, Lexus UX300e ini dibenamkan baterai jenis Lithium-ion dengan motor listrik berkapasitas 54.35 kWh yang dapat menghasilkan 201 horsepower dan torsi 300 Nm.

Jika menggunakan AC Wall Charger, maka waktu pengecasan daya Lexus UX300e bisa 5-6 jam lamanya. Sedangkan pengisian daya baterai dengan menggunakan Household Socket Charging Cable memakan waktu kurang lebih 24 Jam.

Lexus UX300e
Lexus UX300e

Namun jika memanfaatkan fasilitas dari PT PLN berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), maka pengisian daya baterai Lexus UX 300e hanya membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit menggunakan DC Fast Charging.

Jika daya baterai terisi sampai penuh jangkauan mengemudi Lexus UX 300e bisa mencapai 300 kilometer. Oia, untuk pengisiannya jika menggunakan

By the way, untuk AC Wall Charger ini diberikan secara gratis, termasuk pemasangannya, dan mendapatkan garansi selama dua tahun.

Garansi

Sebagai mobil listrik pertama dari Lexus, khusus untuk Lexus UX300e, Lexus Indonesia menyediakan 8-Year Complete Warranty tanpa batas kilometer yang tentunya mencakup baterai.

Selain itu, Lexus UX 300e juga akan mendapatkan 5 Years Free Service & Parts tanpa batas kilometer untuk kenyamanan para pelanggan. Dengan begitu OLXer tak perlu repot mengeluarkan biaya selama lima tahun untuk service.

Jika OLXer memang berniat membeli Lexus UX300e maka wajib menyiapkan mahar seharga Rp 1,245 Miliar dan mobil ini akan sampai di garasi pada 2021 mendatang.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga