Copied to clipboard!
Mobil Baru Mercedes-Benz

New Mercedes-Benz GLB (Foto : Antara)



MOBIL BARU

Dua SUV Baru Mercedes-Benz, GLA dan GLB Meluncur di Indonesia

Author : Zainal Abidin

24 Sep 2020


Dalam sebuah kesempatan virtual launching, Mercedes-Benz Indonesia hari ini, Kamis, 24 September 2020 luncurkan dua model SUV terbarunya, Mercedes-Benz GLA dan Mercedes-Benz GLB. 

President Director, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk Jun menyebut dua model CBU Mercedes-Benz ini hadir melengkapi 10 model lainnya yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia sepanjang tahun ini.  

"Kami dengan senang hati menawarkan lebih banyak produk dan pilihan kepada pelanggan kami. Sekitar satu dari tiga mobil Mercedes-Benz merupakan sebuah SUV, dan sekitar satu dari lima model merupakan mobil kompak. Mercedes-Benz GLA dan Mercedes-Benz GLB melengkapi 10 model yang telah dirilis selama tahun ini di Indonesia,” ucap Choi Duk Jun.

New Mercedes-Benz GLA

Model pertama yang diperkenalkan secara virtual adalah New GLA, yang melengkapi generasi mobil kompak Mercedes-Benz. Mercedes-Benz New GLA dibuat lebih berkarakter dibandingkan model sebelumnya. 

Mobil baru dari Mercedes-Benz ini menampilkan proporsi keseluruhan yang kuat dengan overhang pendek di depan dan belakang. Posisi duduknya dibuat lebih tinggi dan menyisakan head room cukup luas di baris pertama. 

Jelas saja, karena dimensi tinggi Mercedes-Benz New GLA sekarang menjadi 1.611 milimeter, lebih tinggi 10 sentimeter dari model sebelumnya.

Sementara untuk fitur keamanan standar yang ada didalamnya terdiri dari Driving Assistance Systems termasuk Active Brake Assist, Active Parking Assist, Attention Assist serta Blind Spot Assist dengan fungsi peringatan keluar (exit warning function) yang mengingatkan pengemudi saat ada pengendara lain mendekat. Fitur ini merupakan yang pertama kali hadir di Mercedes-Benz New GLA. 

Tenaga mesin yang digelontorkan mencapai 163 HP dengan torsi maksimal mencapai 250 Nm. Suspensi nyaman dengan Ambient Light 64 warna yang bisa menjadikan suasana di dalam kabin lebih berwarna, serta, Mercedes-Benz User Experience (MBUX), termasuk Apple CarPlay dan konektivitas Android Auto menjadi jaminan kenyamanan memiliki Mercedes-Benz GLA.

Sementara kursi juga dibuat nyaman yang bisa diatur secara elektrik dengan tiga fungsi memori untuk pengemudi dan penumpang depan. 

Harga yang ditawarkan untuk Mercedes-Benz New GLA 200 Progressive Line mencapai Rp 779 juta (off-the-road).

New Mercedes-Benz GLB

Model kedua yang hadir di Indonesia adalah New Mercedes-Benz GLB, SUV serbaguna dengan kapasitas tujuh penumpang. 

Mesin empat silinder, sistem bantuan mengemudi, sistem infotainment MBUX plus Ambient Light 64 warna, Mercedes-Benz GLB memiliki semua kekuatan generasi kelas kompak saat ini dari Mercedes-Benz.

Desain eksteriornya dibuat berorientasi off-road dengan permukaan bentuk ditekankan, dan garis yang diperkecil serta presisi menjadi ciri utamanya.

Bagian depan dibuat tegak dengan lampu depan yang mencolok semakin menekankan ciri serta gen off-road di Mercedes-Benz GLB. Begitu pula dengan overhang pendek di bagian depan dan belakang.

Lampu LED High-Performance menjadi perlengkapan standar untuk GLB dan secara signifikan meningkatkan visibilitas berkendara di malam hari.

"Desain ikonik dari kendaraan ini menjadikan karakter SUV yang tidak salah lagi untuk Mercedes-Benz GLB. Bentuk yang jelas dengan garis yang dikurangi dan permukaan yang solid menyampaikan filosofi desain kami tentang Sensual Purity," ungkap Chief Design Officer di Daimler AG, Gorden Wagener. 

Mercedes-Benz New GLB dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan model GLA. Banderol Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line mencapai Rp 829 juta (off-the-road).

Dengan penambahan dua model barunya, saat ini keluarga mobil kompak Mercedes-Benz terdiri dari enam model, A-Class Hatchback, A-Class Sedan, B-Class, CLA Coupé dan GLA yang sudah tersedia di pasar Indonesia.