OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Modifikasi /  Perkenalkan Elbike, Produk Motor Listrik Keren Besutan Elnusa



Perkenalkan Elbike, Produk Motor Listrik Keren Besutan Elnusa

11 Jan 2021

Modifikasi Motor Listrik

4 model motor listrik hasil karya dari program Corporate Innovation AGNI dari PT Elnusa Tbk (Foto : Istimewa)

Semakin tak bisa dihindari lagi, motor listrik sudah mulai menjadi tren di Indonesia. Tak kurang dari 16 merek motor listrik di Tanah Air sudah menawarkan produknya kepada masyarakat pengguna kendaraan roda dua.

GESITS merupakan salah satu merek yang boleh disebut sebagai pionir motor listrik di Indonesia. Yang cukup membanggakan karena merek ini sendiri adalah asli Indonesia dan dikembangkan oleh putra-putra bangsa. 

Namun sekarang bukan hanya GESITS saja yang bisa dibanggakan dari teknologi sepeda motor listrik buatan anak bangsa. Baru-baru ini diperkenalkan jajaran produk motor listrik Elbike, hasil garapan tiga orang pemuda, Fachrul Muttaqien, M. Reza Falevi dan M. Dhea Titis G yang merupakan pekerja di PT Elnusa Tbk (Elnusa) yang juga menjadi bagian dari program Corporate Innovation AGNI.

Melalui program AGNI, perusahaan di bidang energi ini diharapkan mampu mengakselerasi inovasi serta menumbuhkan budaya serta mengelola inovasi dengan cara baru dalam mengembangkan bisnis yang erat kaitannya dengan pengembangan energi.

Dan hasilnya, hanya dalam kurun waktu setahun program ini berjalan, Elnusa sudah berhasil menelurkan empat produk dari 13 tim yang dijaring melalui dua batch yang selanjutnya orang-orang di tim tersebut disebut dengan AGNIers.

Elbike terdiri dari beberapa desain motor listrik yang berbeda di tiap produknya, namun yang menjadi andalan adalah ECR-3000 “Bima Enduro” Supermoto Traill Bike yang bisa dipacu hingga 100 km per jam. Ada juga ECR-1000 “Classic” yang terinspirasi dari model Harley Davidson Twin Model 10F tahun 1914, dan terakhir ECR-500 “Gorilla” yang terinspirasi dari model Honda Z50 “Monkey” yang saat ini banyak diburu para kolektor sepeda motor. 

“Saya tidak menyangka teman-teman AGNIers dapat membuat sepeda motor listrik yang menarik. Namun nantinya harga jual dan layanan yang ditawarkan harus menarik juga agar bisa kompetitif dengan yang ada di market saat ini, dan nantinya diharapkan dapat dibuat menjadi tiga versi berdasarkan output tenaga yang dihasilkan agar sesuai dengan kegunaan dan juga harganya,” komentar Direktur Pengembangan Usaha & Operasi Elnusa, Arief Riyanto dalam keterangan tertulis, Senin (11/1/2021).

Elbike mengembangkan produk berupa layanan konversi dan modifikasi motor listrik, baik berupa kit maupun produk akhir sepeda motor listrik. Ini memungkinkan para pengguna sepeda motor konvensional untuk mengkonversi motor konvensional tersebut menjadi sepeda motor listrik lewat jasa Elbike melalui platform digital untuk menentukan desainnya atau pemesanan produk yang sudah tersedia. 

Hal ini merupakan sebuah peluang besar, mengingat belum banyaknya penyedia jasa konversi motor listrik serta masih kurangnya varian motor listrik dengan bentuk desain menarik. 

“Bagus motornya! Dari sisi frame, center of gravity, responsif dan pengendalian, sudah setara sepeda motor listrik pabrikan besar,” ujar VP Oilfield Services Elnusa, Rony Hartanto yang hadir melihat langsung bentuk sepeda motor listrik Elbike. 

Kedepannya, Elbike tidak hanya akan menjadi penyedia jasa modifikasi dan konversi motor listrik, tapi sekaligus berencana melakukan kolaborasi dengan startup di program AGNI lainnya, yakni EVINE, untuk menghadirkan integrasi layanan fast charging dan manajemen baterai.

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga