Copied to clipboard!

Ilustrasi WUling Cortez CT Type S



MOBIL BARU

Fakta Lengkap Fitur Keselamatan Wuling Cortez CT S, C dan L

Author : Herdi Muhardi

15 Sep 2020


Wuling Cortez CT kini menjadi senjata Wuling Indonesia di tengah menurunnya daya beli masyarakat akan sebuah kendaraan akibat pandemi, serta persaingan otomotif yang semakin ketat.

Kendati demikian,  merek mobil asal China ini tak gentar, karena Wuling CT yang awalnya hadir dengan dua pilihan C dan L, kini memiliki varian S yang harganya lebih terjangkau, bahkan bisa bersaingan dengan Toyota Avanza CS, termasuk Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio serta Mitsubishi Xpander.  

Tak hanya soa harga saja yang bersaing, Wuling Cortez CT ini ternyata sudah dijejali dengan fitur-fitur keselamatan yang lengkap. Mau tahu fitur apa saja, berikut ulasan dan penjelasannya: 

Wuling Cortez CT Type S 6-MT 8 Seater

Front & Rear Disc Brakes, seluruh roda dilengkapi dengan rem cakram yang memiliki tingkat efisiensi pengereman yang tinggi. Termasuk mobil tipe ini.

Emergency Stop Signal (ESS), saat pengemudi melakukan rem mendadak, sinyal lampu hazard akan secara otomatis berkedip dengan cepat sehingga memberikan peringatan kepada pengemudi di belakangnya untuk mengurangi risiko tabrakan.

Electronic Brake-force Distribution (EBD), sistem elektronik yang mengatur distribusi gaya pengereman kendaraan sesuai dengan kondisi jalan, kecepatan, dan berat muatan.

Anti-lock Braking System (ABS), sistem pengereman untuk mencegah roda terkunci dan kendaraan kehilangan kendali ketika besarnya gaya pengereman melebihi gaya gesek maksimum antara roda dengan permukaan jalan, misalnya ketika mengerem di permukaan jalan yang licin.

Dual SRS Airbag, kantung udara atau airbag melengkapi efek perlindungan atas pemakaian sabuk pengaman. Fitur ini tersedia di bagian pengemudi dan penumpang depan.

ISOFIX, fitur ini berfungsi untuk mengamankan kursi anak tambahan dalam kendaraan, tersedia pada baris kedua.

Seatbelt Until Third Row, dengan fitur ini maka sabuk pengaman yang tersedia hingga baris ketiga.

Front Row Safety Belt Reminder, keberadaan fitur ini menjadi tanda peringatan sabuk pengaman pada bagian pengemudi dan penumpang depan yang menyala ketika seatbelt tidak dikenakan saat berkendara.

Auto door lock by Speed, nah dengan adanya fitur penguncian pintu secara otomatis pada kecepatan tertentu.

Soal harga, Wuling Cortez CT Type S MT 8 seater dibanderol Rp 209 juta. Harga ini menandakan bahwa type tersebut menjadi yang paling murah.

Wuling Cortez CT Type S CVT

Nah, untuk Wuling Cortez Type S CVT dengan baris kedua mengusung jok captain seat. Mobil ini dilepas dengan harga Rp 233 juta. Adapun fitur keselamatan yang ada pada varian ini yaitu semua yang dibenamkan pada Wuling Cortez Type S 6MT 8 Seater.

Selain itu ada tambahan fitur berupa Rear Parking Camera. Dengan adanya fitur ini maka ketika tuas transmisi pada posisi gigi mundur, layar monitor akan menampilkan hasil dari kamera belakang, serta garis pembantu dan posisi sonar yang aktif.

Wuling Cortez CT Type C

Sementara itu, naik satu tingkat terdapat Wuling Cortez Type C MT. Dimana mobil ini dijual hingga Rp 238,5 juta untuk transmisi manual dan Rp 255,5 juta untuk CVT. Untuk fitur keselamatan yang dipasang, antara lain :

Electronic Stability Control (ESC), fitur ini menjaga kestabilan berkendara secara otomatis ketika adanya indikasi pengemudi mengalami kehilangan kendali atau ketika lintasan kendaraan tidak sesuai dengan steering input yang diinginkan pengemudi (misal : oversteer, understeer).

Tire Pressure Monitoring System (TPMS), untuk fitur ini dapat menampilkan tekanan angin ban dalam satuan Bar dapat dipantau pada layer MID. Sistem akan berkedip jika tekanan ban tidak sesuai (terlalu tinggi atau terlalu rendah).

Automatic Vehicle Holding (AVH), fitur ini bisa melakukan pengereman otomatis untuk menjaga mobil tetap berhenti dalam kondisi jalan yang menanjak, menurun ataupun datar tanpa harus menahan pedal rem secara manual. Untuk mengaktifkannya cukup tekan tombol tepat dibawah EPB.

Front & Rear Disc Brakes, dengan fitur ini seluruh roda dilengkapi dengan rem cakram yang memiliki tingkat efisiensi pengereman yang tinggi.

Emergency Stop Signal (ESS), untuk fitur ini saat pengemudi melakukan rem mendadak, sinyal lampu hazard akan secara otomatis berkedip dengan cepat sehingga memberikan peringatan kepada pengemudi di belakangnya untuk mengurangi risiko tabrakan.

Dual SRS Airbag, keberadaan fitur kantung udara yang melengkapi efek perlindungan atas pemakaian sabuk pengaman. Fitur ini tersedia di bagian pengemudi dan penumpang depan.

Front Row Safety Belt Reminder, fitur ini menjadi tanda peringatan sabuk pengaman pada bagian pengemudi dan penumpang depan yang menyala ketika seatbelt tidak dikenakan saat berkendara

4-Points Rear Parking Sensor, keberadaan fitur ini bisa bermanfaat ketika bumper belakang dilengkapi 4 buah sonar untuk melakukan pendeteksian jarak antara objek luar dengan area belakang kendaraan.

Anti-lock Braking System (ABS), lebih aman dengan adanya sistem pengereman untuk mencegah roda terkunci dan kendaraan kehilangan kendali ketika besarnya gaya pengereman melebihi gaya gesek maksimum antara roda dengan permukaan jalan, misalnya Ketika mengerem di permukaan jalan yang licin.

Electronic Brake-force Distribution (EBD), selain itu fitur sistem elektronik yang mengatur distribusi gaya pengereman kendaraan sesuai dengan kondisi jalan, kecepatan, dan berat muatan.

Brake Assist (BA), fitur ini memberikan gaya pengereman maksimal ketika terjadi pengereman darurat, walaupun pengemudi tidak memberikan input gaya yang cukup.

Seatbelt Until Third Row, keberadaan sabuk pengaman yang tersedia hingga baris ketiga ISOFIX Berfungsi untuk mengamankan kursi anak tambahan dalam kendaraan, tersedia pada baris kedua.

Auto door lock by Speed, adanya fitur ini maka dapat melakukan penguncian pintu secara otomatis pada kecepatan tertentu. Serta ada juga fitur Hill Hold Control (HHC), dimana fitur mempertahankan posisi mobil saat berhenti di tanjakan selama beberapa detik supaya kendaraan tidak melorot walaupun pengemudi tidak menginjak rem.

Traction Control System (TCS), fitur ini dapat menghindari kendaraan kehilangan traksi, misalnya Ketika salah satu roda terjebak genangan air atau terpeleset di jalan yang licin. Jika terdeteksi adanya slip, maka TCS akan melakukan pengereman pada roda yang slip tersebut.

Rear Parking Camera, adanya fitur ini maka ketika tuas transmisi pada posisi gigi mundur, layar monitor akan menampilkan hasil dari kamera belakang, serta garis pembantu dan posisi sonar yang aktif.

Wuling Cortez CT Type L

Wuling Cortez CT Type L menjadi model yang paling lengkap. Tak heran harga mobil ini bisa tembus Rp 290 jutaan. Adapun fitur keselamatan yang ada di tipe ini yaitu semua fitur yang sudah ada di CT type C dan tambahan fitur lain berupa:

Side Airbags, yang merupakan kantung udara yang terdapat pada sisi samping baris pertama yang melengkapi efek perlindungan atas pemakaian sabuk pengaman pada pengemudi dan penumpang depan.

All Seats Safety Belt Indicator, merupakan fitur tanda peringatan sabuk pengaman pada bagian pengemudi dan penumpang depan, baris kedua serta baris ketiga yang menyala ketika seatbelt tidak dikenakan saat berkendara.

2-Points Front Parking Sensor, fitur ini ada di bumper depan memiliki 2 buah sonar untuk melakukan pendeteksian jarak antara objek luar dengan area depan kendaraan.

Fatigue Driving Warning, fitur ini untuk menampilkan informasi lama waktu berkendara aman sesuai pengaturan yang ditentukan pengemudi serta alarm untuk memperingatkan jika pengemudi telah melewati lama waktu tersebut untuk menghindari kelelahan.

Nah, bagaimana OLXer tertarik untuk mendapatkan Wuling Cortez CT Type S, C atau L?

Berikut daftar harga Wuling Cortez CT:

Cortez CT Type S MT– 8 Seater Rp 209.000.000

Cortez CT Type S CVT– Captain Seat (Synthetic Leather) Rp 233.000.000

Cortez CT Type C T 6 M/T Rp 238.500.000

Cortez CT Type C T Lux+ CVT Rp 255.500.000

Cortez CT Type L T Lux+ CVT Rp 290.000.000