Copied to clipboard!

Ferrari Omologata merupakan mobil yang sudah dimodifikasi dengan beragam tambahan komponen dan fitur secara custom yang diinginkan konsumen. (Ferrari)



MODIFIKASI

Ferrari Buat Mobil Hanya 1 Unit Khusus Konsumen Kaya Raya, Punya Siapa Ya?

Author : Herdi Muhardi

30 Sep 2020


Merek mobil sport nan mewah, Ferrari, baru saja memamerkan mobil sangat spesial yang disebut Ferrari Omologata. Mobil Sport ini diklaim sangat langka, karena hanya dibuat satu unit saja.

Usut punya usut, Ferrari Omologata merupakan mobil yang sudah dimodifikasi dengan beragam tambahan komponen dan fitur secara custom yang diinginkan konsumen. 

Faktanya, Ferrari Omologata ini dibangun menggunakan basis dari Ferrari 812 Superfast, model one-off ke-10 yang Ferrari buat dari basis model V12, sejak tahun 2009. Demikain dilansir Carscoops.

Ferrari Omologata
Ferrari Omologata

Semetara itu, sejumlah ubahan dilakukan termasuk penggantian warna merah menyala menjadi Rosso Magma dan body kit terbaru sehingga terasa elegan, sporty namun tetap mempertahankan gaya klasik. Sedangkan untuk kaca depan (windshield) dan lampu utama  merupakan bagian yang tetap dipertahankan.

Disebutkan, bahwa perombakan dilakukan untuk memenuhi permintaan konsumen, mulai dari tampilan gril oval dan lebih pipih, kemudian penempatan airscoops lebih di depan, kemudian  lengkungan roda depan dan belakang, serta garis body memberikan kesan lebih berotot.

Oia, desain Ferrari Omologata terkesan sporty berkat dipasangnya livery striping hitam transparan dengan tambahan nomor 7 pada bagian pintu. Dengan desain ini Ferrari Omologata diklaim mampu membangkitkan kejayaan Ferrari di kancah balap beberapa tahun silam.

Ferrari Omologata
Ferrari Omologata

Belum sampai disitu, desain lampu belakang dibuat melingkar dan menjorok ke dalam body menggunakan lampu LED dan di dalamnya ada lampu sein sehingga terasa simple. Kemudian ada tambah air intake dan splitter bermaterial serat karbon, serta diffuser dan spoiler belakang menjadi lebih besar.

Masuk ke dalam kabin, untuk interior tidak banyak ubahan karena rata-rata dicat warna hitam secara menyeluruh, seperti pada dashboard dan bagian trim.

Ferrari Omologata
Ferrari Omologata 

Untuk bagian dashboard sendiri penuh dengan aksen material logam hingga menyentuh setir. Panel logam juga sudah dicat dengan efek berderak, sehingga identik dengan model GT pada era 1950 – 1960’an, begitu juga dengan cam cover pada mesinnya.

Hanya saja, material yang digunakan lebih berkualitas dan mewah, termasuk ubahan pada jok kulit dan kain Jeans Aunde yang dibalut warna biru. Jok bergaya sport pada Ferrari Omologata ini sudah dilengkapi oleh harness 4 titik ala mobil balap.

Untuk jantung pacu tetap mempertahankan mesin V12 berkapasitas 6,5 liter naturally-aspirated bawaan 812, yang memuntahkan daya 800 tenaga kuda dan torsi 718 Nm.

Dengan mesin tersebut, Ferrari Omologata diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,9 detik, dan sanggup berlari hingga 340 km/jam.

Ferrari Omologata
Ferrari Omologata

Adapun untuk merancang Ferrari Omologata setidaknya dibutuhkan waktu dua tahun lamanya. Rancangannya mengambil sejumlah referensi dari sejarah balapan, arsitektur modern, sampai sci-fi, demi menghasilkan desain yang timeless.

Bahkan warna cat Rosso Magma diperlukan tiga lapis cat untuk melabur panel body serat karbon gelap. Lalu berapa harganya? Tentunya untuk harga Ferrari merahasiakannya. Termasuk calon pemiliknya yang sudah pasti kaya raya.