OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Jasa & Keuangan /  FIFGROUP Gelontorkan Bantuan Modal Tanpa Bunga untuk UMKM



FIFGROUP Gelontorkan Bantuan Modal Tanpa Bunga untuk UMKM

26 Mar 2021

News.OLX.co.id - PT Federal International Finance (FIFGROUP) menyelenggarakan Kick Off yang dirangkai bersamaan dengan Webinar bertajuk “Kolaborasi Pembinaan dan Pengembangan UMKM”. 

Ini merupakan bentuk dukungan FIFGROUP terhadap program pemerintah dalam pengembangan dan pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi. 

“Dalam kesempatan ini mari kita semua mendukung program pengembangan UMKM untuk Indonesia apalagi dalam kondisi pandemi ini. Pada akhirnya kita harus yakin dan bangga atas hasil karya dari anak-anak negeri ini, yang kreatif dan mampu bersaing dan berkontribusi secara positif dan menjadi andalan dan penyelamat ekonomi bangsa,” ucap Margono Tanuwijaya Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP dalam opening speech, Jumat (25/3/2021).

Melibatkan 4 lembaga Astra lainnya, yaitu Environment and Social Responsibility (ESR) PT Astra International Tbk, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA – MDR) dan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM), program Dana Bergulir Corporate Social Responsibility (CSR) menyasar 588 UMKM binaan dengan total bantuan mencapai Rp1,666 miliar di 242 titik se-Indonesia.

Menurut Margono, program Dana Bergulir dalam Pilar Pemberdayaan Masyarakat ini sejalan dengan filosofi Catur Dharma Astra, untuk senantiasa berusaha mencapai yang terbaik dan menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. 

Dalam kegiatan ini, perusahaan berkolaborasi dengan Kepala Cabang FIFGROUP di seluruh Indonesia yang mencapai 242 cabang dengan konsep setiap Kepala Cabang wajib membina minimal dua UMKM dengan semangat dan motivasi untuk maju, serta membina dan memonitor perkembangannya. 

“Harapan kami, di tahun 2021, program dana bergulir tersebut tetap dapat hadir untuk masyarakat dan dapat membawa manfaat bagi masa depan UMKM serta minimal bisa membantu menggerakkan perekonomian di sekitar UMKM tersebut di masa pandemi ini. FIFGROUP berkomitmen senantiasa hadir untuk selalu mendukung dan memberi dampak bagi masyarakat sekitar,” tambah General Support (GS) and Corporate Communication Director Esther Sri Harjati. 

Program kolaborasi gagasan FIFGROUP ini menjadi upaya yang baik mengatasi kesulitan UMKM di sektor permodalan. Tidak hanya berhenti pada peminjaman modal usaha saja, tetapi juga mendorong kolaborasi baik antar UMKM, maupun UMKM dengan Grup Astra. 

Terhitung sampai akhir Januari 2021 lalu, jumlah UMKM penerima bantuan dana bergulir FIFGROUP mencapai 279 UMKM, dengan total nominal nilai manfaat bantuan modal sebesar Rp 846,5 juta tersebar di berbagai titik seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk total Grup Astra hingga saat ini sudah membina sebanyak 14.711 UMKM.

Modal UMKM Tanpa Bunga dari FIFGROUP

FIFGROUP dan UMKM
Penyerahan bantuan UMKM secara simbolis mulai dari Sabang sampai Meroke, yaitu Aceh, Jakarta dan Jayapura (Foto : FIFGROUP)

Program Dana Bergulir dari FIFGROUP ini menjadi solusi tepat dalam mengatasi kesulitan UMKM di sektor permodalan. Para pelaku UMKM bisa mengembangkan usaha dengan bantuan modal dari FIFGROUP yang bisa dicicil tanpa bunga. 

“Program dana bergulir ini merupakan salah satu cara bagi mereka yang kesulitan modal untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam bidang usaha masing-masing terutama di masa pandemi ini, dengan memberikan bantuan pinjaman tanpa bunga,” jelas Chief of Corporate Communication and CSR Yulian Warman. 

Adapun nilai pinjaman yang diberikan berkisar antara Rp2 juta sampai dengan Rp20 juta. 

Kriteria UMKM yang bisa memanfaatkan fasilitas dari FIFGROUP ini menurut Yulian haruslah memiliki tempat usaha pribadi, memiliki lama usaha berjalan yang cukup, memiliki laporan pembukuan yang baik, memiliki penghitungan rasio penghasilan yang cukup untuk membayar angsuran, dan berada di lingkungan usaha FIFGROUP.

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga