Copied to clipboard!



BERITA

Gambar Suzuki XL7 Beredar, Penantang Rush-Terios Sudah Siap Meluncur?

Author : Zainal Abidin

13 Jan 2020


Teka-teki kehadiran sport utility vehicle (SUV) terbaru dari Suzuki terjawab sudah. Lewat foto yang didapat team OLX, terlihat bahwa Suzuki XL7 sudah diproduksi di pabrik Suzuki Cikarang.

Mendapat informasi tersebut, OLX mencoba untuk menghubungi pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyanyakan kepastian jadwal peluncuran Suzuki XL7 di Indonesia.

“Ditunggu saja, undangannya mungkin gak lama lagi dikirim,” ucap salah satu sumber internal SIS kepada OLX, Senin (13/1/2020). Dari konfirmasi tersebut, diyakini bahwa kemungkinan model baru ini hadir antara akhir Januari atau awal Februari 2020.

“Hitung-hitung kado tahun baru dari kami kepada pecinta mobil Suzuki di Indonesia,” tambah sumber tersebut semakin menegaskan kehadiran Suzuki XL7 dalam waktu yang tidak lama lagi.

Suzuki XL7 dibekali roof rack sebagai salah satu ciri khas mobil SUV (Sumber: IG olx.auto)

Dari gambar yang diterima, terlihat bentuk XL7 hampir menyerupai model Suzuki Ertiga, termasuk desain lampu belakangnya. Hanya mungkin beda dimensi karena XL7 berada di segmen SUV, sementara Ertiga bermain di segmen MPV, meski sama-sama berkapasitas 7 penumpang.

Ciri khas Suzuki XL7 sebagai SUV dipertegas dengan hadirnya roof rack di bagian atap mobil, serta pelindung bagian bawah pada sisi buritannya. 

Produksi di Cikarang, Suzuki XL7 Masuk Segmen Low SUV

Bentuk detail buritan Suzuki XL7 (Sumber: IG olx.auto) 

Memang tidak salah bila Suzuki Indonesia agak sedikit bernafsu dalam menggarap pasar Low SUV di Tanah Air. Seperti kita ketahui, segmen ini juga tak kalah menarik dengan Low MPV seperti Ertiga, terus berkembang dari tahun ke tahun.

Apalagi model SUV dari pabrikan berlogo S ini di Indonesia juga terbatas jumlahnya. 

“Pasar Low SUV volume-nya gede, sementara di segmen SUV, bukan Low SUV, kami baru punya 3 model, S-Cross, Vitara dan Jimny tapi limited,” ungkap Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tahun lalu kepada OLX.

Khusus untuk model ini, Suzuki juga menyebut ada perbedaan strategi. Jika sebelumnya model-model baru dihadirkan dengan cara mengimpor terlebih dulu untuk melakukan test market, melalui XL7, Suzuki Indonesia mengaku percaya diri untuk memproduksinya langsung karena melihat potensi pasar Low SUV yang cukup besar.

Itu artinya, XL7 sudah siap untuk menantang duet kembar Low SUV Daihatsu-Toyota, yakni Terios dan Rush. Bila yang disasar keduanya, artinya besar kemungkinan Suzuki XL7 bakal berbandrol Rp 250 jutaan. 

Ditunggu kepastiannya Suzuki…. (Z)