OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Gampang Merawat Motor Sport Yamaha, Cek Komponen Bisa di Rumah



Gampang Merawat Motor Sport Yamaha, Cek Komponen Bisa di Rumah

05 Jul 2021

Merawat motor sport

Ilustrasi pemilik motor sport Yamaha melakukan pengecekan sendiri di rumah (Foto: Yamaha)

News.OLX.co.id - Berkendara menggunakan motor sport tentu membawa kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. Apalagi jenis motor ini membuat para pemiliknya merasa seperti sama dengan para rider di balapan motor dunia sekelas MotoGP maupun Moto2. 

Perkembangan di segmen motor sport memang sarat dengan berbagai inovasi serta teknologi yang hadir mengikuti berbagai model sesuai tren yang digemari masyarakat. 

Motor jenis ini bukan hanya sebatas untuk hobi balapan saja, tapi untuk kebutuhan pemakaian harian juga tetap bisa. Kuncinya hanya di urusan perawatan saja agar performa motor tetap baik di segala kondisi.

”Perawatan motor sangat penting dilakukan, termasuk kategori motor sport. Konsumen wajib mengetahui berbagai komponen yang perlu diperhatikan dan memahami cara pengecekannya,” papar Riyadi Prihantono, Manager Service CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). 

9 Komponen Motor Sport yang Perlu Diperhatikan

Menurut Riyadi, banyak tips merawat motor sport Yamaha, termasuk urusan memperhatikan berbagai komponen di motor sport, diantaranya:

1. Bahan bakar

Periksa saluran bahan bakar. Jika ada kebocoran tangki bahan bakar, cek saluran selang apakah ada sumbatan, retak atau rusak. Untuk memastikan jika ada kebocoran bahan bakar juga bisa dicek dengan penciuman, apakah ada bau bensin. Jika ada kebocoran, cek posisinya dan hindari dari percikan api.

2. Oli mesin

Periksa ketinggian oli mesin menggunakan stik oli dan periksa jika ada kebocoran oli di sekitar mesin. Dan biasakan mengganti oli secara rutin setiap 3,000 km di bengkel resmi Yamaha terdekat.

3. Cairan pendingin (air radiator)

Periksa ketinggian cairan pendingin di dalam reservoir. Jika kurang dapat ditambahkan cairan pendingin yang disarankan. Serta periksa jika ada kebocoran sistem pendingin.

4. Sistem pengereman  

Periksa ketinggian level minyak rem melalui indikator pada master rem, serta memeriksa ketebalan kampas rem depan dan belakang melalui indikator keausan kampas rem. Bersihkan kampas rem dari oli, pelumas, serbuk kampas rem pada permukaan rem dan komponen sekitarnya.

5. Kopling dan pemindah gigi

Periksa gerak bebas tuas kopling dan setel jika diperlukan. Pastikan perpindahan gigi dapat bergerak dengan normal.

6. Rantai penggerak

Membersihkan dan melumasi rantai, serta periksa kekencangan rantai jika perlu setel di bengkel resmi Yamaha terdekat. Gunakan produk pelumas rantai yang disarankan.

7. Kondisi ban

Cek kondisi tekanan ban dan alur ban agar berkendara lebih nyaman performa tetap maksimal. Tekanan ban normal ban depan : 200 kPa/ 29 psi dan ban belakang : 225 kPa/33 psi.

8. Periksa kondisi baterai / aki

Cara yang paling mudah dengan cek fungsi starting dan klakson jika masih berfungsi artinya aki dalam kondisi OK. Jika Anda memiliki multitester, maka baterai kondisi yang OK memiliki tegangan >12.4 volt. Jika hasil ukur di bawah angka tersebut, lakukan pengisian ulang di bengkel resmi Yamaha.

9. Bersihkan motor dan lumasi

Jika motor parkir selalu di ruang terbuka, bersihkan motor dari debu dan kotoran lainnya secara rutin. Atau setelah motor terkena hujan sebaiknya motor dicuci untuk menghindari karat pada komponen sepeda motor. 

Setelah itu lumasi lubang kunci, tutup tangki, handle grip kiri kanan dan bagian lainnya.

Tips merawat motor sport Yamaha ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika ditemukan ada yang tidak beres pada salah satu komponen motor dan susah untuk diatasi sendiri, manfaatkan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY). 

Layanan ini juga tersedia dan dapat di akses aplikasi My Yamaha Motor yang memberikan informasi mengenai SKY serta lokasi jaringan resmi Yamaha terdekat, serta petunjuk mengenai cara pengecekan komponen motor. 

Buat pemilik motor Yamaha, sebaiknya memiliki aplikasi My Yamaha Motor untuk memudahkan akses segala layanan dari Yamaha. 

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga