Copied to clipboard!

Ilustrasi transmisi manual.



BERITA

Gara-gara Pandemi Mobil Honda Dengan Transmisi Manual Jadi Banyak Dicari

Author : Herdi Muhardi

13 Jul 2020


​Menuju era Adaptasi Kebiasaan Baru atau New Normal, penjualan otomotif khususnya roda empat atau mobil mulai menunjukkan tren positif. Hal ini pula dirasakan PT Honda Prospect Motor (HPM), dimana pada Juni 2020 lalu penjualannya naik 93 persen dibandingkan tiga bulan sebelumnya yang tercatat 2.488 unit.

Menurut Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM Yusak Billy, penjualan Honda di dominasi Honda Brio yang menyumbangkan penjualan 52 persen atau sebanyak 1.314 unit.

“Kita selalu optimis, kita tahu sekarang pasar belum stabil masih rendah dibandingkan tahun lalu tapi cenderung meningkat karena aktivitas konsumen mulai jalan, banyak transaksi, indikator ekonomi makro juga baik, action rate juga mulai stabil, jadi perekonomian pertumbuhan diharapkan ada, lembaga keuangan melihat hal yang positif NPL turun. Jadi memudahkan konsumen untuk bisa memiliki kendaraan,” ungkap Billy saat video conference beberapa waktu lalu.

Namun OLXer harus tau, dari sekian banyak mobil Honda yang terjual selama pandemi, ternyata penjualan mobil dengan transmisi manual mendadak jadi lebih tinggi dari biasanya.

“Ya karena first time buyer meningkat, orang yang sudah tidak mau naik kendaraan umum kita grab (ambil) semua, perekonomian terhadap kepercayaan pemerintah sudah meningkat, pasar mulai bergerak, leasing mensupport.” jelas Billy.

Kata Billy, dengan adanya perubahan seperti menuju New Normal, saat ini Honda juga mengincar konsumen first time buyer yang biasanya memilih transmisi manual 

“Terus terang kontribusi Honda Brio kami selalu sekitar 50-an persen. Tapi seperti saya bilang manual transmission lebih dicari sekarang,” ujarnya.

Billy menuturkan, konsumen yang memilih Low Cost Green Car (LCGC) kebanyakan first time buyer yang menginginkan pelayanan dan after sales diberikan harus bagus. Hal ini pula dipegang teguh Honda.   

“Ke depannya seperti apa? Saya rasa di masa pandemi ini keadaan belum stabil, virus belum musnah saya rasa, tapi LCGC city car masih jadi pilihan utama bagi mereka first time buyer,” tutupnya.