OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Gokil, Pencurian Mobil Semakin Canggih Hanya Pakai Game Konsol



Gokil, Pencurian Mobil Semakin Canggih Hanya Pakai Game Konsol

11 Oct 2021

Ilustrasi pencuri berhasil menggasak mobil Mitsubishi Outlander hanya dengan menggunakan konsol game Nintendo Game Boy. (Carscoop)

Berbagai fitur keamanan pada mobil dibuat sedemikian rupa oleh pabrikan untuk mencegah terjadi pencurian. Hanya saja, kita harus lebih ekstra hati-hati jika menyimpan mobil. Sebisa mungkin berikan perangkat keamanan tambahan agar terhindar dari pencurian. 

Namun OLXer perlu tahu, para pelaku pencurian rupanya kerap memiliki segudang akal dan selangkah lebih maju. Setidaknya hal ini juga dibuktikan oleh kawanan pencuri di Inggris, yang berhasil menggondol lima mobil Mitsubishi Outlanders. 

Para pencuri ini diketahui membawa lari mobil Mitsubishi Outlanders yang terparkir hanya dengan menggunakan konsol game yang disamarkan seperti mainan ‘Nintendo Game Boy’. Demikian dilansir BBC.

Komplotan pencuri tersebut kini sudah tertangkap kepolisian West Yorkshire, mereka adalah Dylan Armer (29 tahun), Christopher Bowes  (33 tahun) dan Thomas Poulson (31 ahun). Ketiganya tertangkap berkat rekaman CCTV di salah satu lokasi tempat dimana mereka beraksi. 

Saat digeledah, polisi menemukan hal ganjil di sebuah mobil milik para pelaku, yaitu adanya sebuah konsol Nintendo Game Boy yang tersembunyi di kompartemen rahasia di mobil tersebut. 

Usut punya usut, dihadapan polisi West Yorkshire, perangkat yang mirip Nintendo Game Boy seharga 20.000 Poundsterling merupakan alat canggih yang digunakan untuk menggasak mobil dan hanya hitungan detik.

Ya, ini tentunya bukan Nintendo Game Boy biasa. Tapi sebuah perangkat lain yang sudah di utak-atik para pelaku, dan casing diganti.  Meski cukup mahal, namun alat tersebut ternyata mampu memecahkan kode rahasia keamanan mobil dan menyalakan mesin yang kini semakin modern. 

“Seberapa cepat dan mudah gadget memberi mereka akses penuh terhadap kendaraan, disertai dengan komentar dan nada yang mengejek,” ungkap petugas Det Insp Kepolisian West Yorkshire, Vicky Vessey.

Karena itulah, kepolisian disebut akan mengerahkan pasukan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut, untuk mendapatkan fakta-fakta pencurian dan kejahatan menggunakan perangkat canggih. 

Bagi polisi, kejahatan ini harus segera diselesaikan untuk mengurangi beban kesulitan, trauma dan ketidaknyamanan khususnya semua masyarakat yang menjadi korban pencurian tersebut. 

Disebutkan, bahwa pelaku Armer dijatuhi hukuman penjara selama 30 bulan,  sementara Bowes dan Poulson keduanya dikenai hukuman penjara 22 bulan, dan ditangguhkan selama dua tahun.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga