BERITA

Gosip atau Fakta, Airbag Mengembang Membahayakan Pengemudi Berkacamata dan Menyebabkan Hidung Patah?

15 Oct 2019

Airbag atau kantung udara jadi salah satu hal yang diperhitungkan calon pembeli mobil. Pasalnya, Selain sabuk keselamatan, Airbag merupakan fitur keselamatan pada kendaraan yang sangat membantu mencegah pengemudi dan penumpang mengalami benturan ketika terjadi kecelakaan.

Dengan keberadaan Airbag, hal tersebut dianggap mampu melindungi daerah vital, mulai dari kepala, leher dan juga dada.

Namun pertanyaan muncul, jika airbag mengembang apakah akan berbahaya untuk pengemudi berkacamata?

Menanggapi hal tersebut, Product Planning PT Astra Daihatsu Motor Ryan Ferdiean Tirto menyatakan seharusnya airbag tidak berbahaya, sekalipun bagi pengemudi berkacamata.

“Karena airbag itu di desain bumping nya nggak keras. Kalau keras mungkin itu yang membuat bahaya,” ujar Ryan saat ditemui News OLX disela New Sigra Media Test Drive di Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Ryan juga menyatakan, tren pemakaian kaca mata sendiri saat ini pada bagian lensa tidak menggunakan bahan kaca, melainkan polikarbonat atau mika.

“Kalau pakai mika, itu bukan kaca, mungkin kalau pecah tidak akan hancur dan hanya retak, nggak langsung jadi serpihan,” ucap Ryan.

Namun bagaimana anggapan Airbag bisa membuat hidung pengemudi yang terkena kecelakaan berdarah?

Ryan juga menampiknya, karena menurut dia kantung udara dibuat mengembang namun tidak akan berbahaya seperti yang dibayangkan.

“Karena kita sudah hitung letupannya seberapa kencang jaraknya. Kalau misalnya patah hidung itu jadi tidak safety. Karena pasti sudah dilakukan pengujian juga, kan tujuannya airbag untuk melindungi,” jelasnya.

Adapun jika memang pengemudi mengalami luka-luka, kata Ryan kemungkinan bukan karena airbag, tetapi ada beberapa part atau material mobil terpental sehingga melukai pengemudi.

“Airbag melindungi? Ia. Tapi tidak 100 persen, karena tergantung seberapa kencang juga tabrakannya dan dari mana arah tabrakannya,” terangnya

Menurut Ryan, Airbag akan dapat mengembang jika bagian sensor Airbag mendapatkan benturan atau hentakan keras.

Sekadar informasi, mobil dengan fitur Airbag kini semakin jamak ditemukan, bahkan mobil dengan segmen Low Cost Green Car atau LCGC juga dibenamkan kantung udara. (Her)