Copied to clipboard!



BERITA

Grab Borong Mobil Listrik Hyundai Buat Taksi Online, Ini Keunggulannya

Author : Herdi Muhardi

26 Jan 2020


Tak hanya Bluebird saja yang mempersenjatai armada taksinya dengan mobil listrik, sebab perusahaan transportasi sekaligus pengiriman Grab juga akan melakukan hal sama.

Ya, Grab baru-baru ini melirik mobil listrik asal Korea Selatan, Hyundai Ioniq Electric sebagai armada terbaru Grab yang sudah dipesan mencapai 20 unit.

Hal ini diungkapkan langsung Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia, Hendrik Wiradjaja. Kata Hendrik, sebagian Hyundai Ioniq sudah dilakukan pengiriman, dan sebagian lagi masih dilakukan pemasangan stiker.

Adapun kata dia, Hyundai Ioniq yang dibawa masuk ke Indonesia untuk kendaraan taksi benar-benar full electric.

“Karena sebenarnya Hyundai Ioniq ada tiga pilihan electrified powertrains Electric, Hybrid dan Plug-in. Untuk Hyundai Ioniq electric memang lebih ramah lingkungan karena full listrik,” ungkap Hendrik saat ditemui di Hyundai Simprug, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Lebih lanjut dia menyatakan, pembelian unit Hyundai Ioniq ini memang masih tahap awal, sebab hal tersebut dibarengi dengan berbagai persiapan lainnya, salah satunya infrastruktur stasiun pengisian daya listriknya.

Kata Hendrik, saat ini Hyundai sendiri sedang mempersiapkan instalasi stasiun pengisian daya listrik di showroom Hyundai yang sudah mengusung fasilitas Sales, Service dan Sparepart.

Adapun di luar itu, kata dia, Grab juga akan mendirikan stasiun pengisian baterai di beberapa titik.

Nah, OLXer mau tau nggak sebenarnya seberapa hebat Hyundai Ioniq yang akan dijadikan armada taksi ini, berikut ulasannya:

Eksterior

Secara tampilan mobil ini memang bentuknya sedan. Namun begitu, desainnya tidak seperti sedan umumnya, tetapi terlihat kombinasi antara sporty dan elegan.

Lihat saja tampilan grill depannya yang sudah keren. Belum lagi headlamp sudah dilengkapi lampu LED dan DRL.

Desain lampu yang sipit juga membuat mobil ini terlihat kekinian. Bagian foglamp juga cukup keren.

Pada bagian belakang mobil ini juga sudah menerapkan  LED Rear Combination Lamps. Adapun untuk bagian samping tepatnya pada bagian pelek sudah menggunakan ukuran 16 inci yang dibalut ban ukuran 205/60.

Interior

Masuk ke dalam kabin mobil ini sudah dilengkapi Heated and Ventilated front seat, lalu bagian joknya ini sudah dibalut dengan Lumbar Support pada bagian driver.

Oia, kesan mewah dari mobil ini juga terasa karena sudah menggunakan Push Start Button untuk menyalakan mesin, ditambah Smart Key dan Immobilizer jadi terlihat kekinian.

Mobil ini juga sudah menggunakan layar 7 inci High Definition TFT-LCD Cluster information, sedangkan untuk sistem hiburan juga sama layar 7 inch yang terkoneksi untuk mensupport Android Autolink dan Apple CarPlay™ serta dilengkapi dengan fitur Aux, USB, iPod dan Bluetooth.

Belum sampai disitu, pengemudi juga ikut dimanjakan, karena sudah dilengkapi Steering Wheel dengan fungsi Tilt dan Telescopic dilengkapi dengan Audio Remote Control.

Fitur lainnya yang ada pada mobil ini antara lain Electronic Gear Shift Button, Paddle Shifter (regenerative brake control), hingga Inside Rear View Mirror dengan ECM (electronic chromic mirror),

Untuk faktor keamanan dan keselamatan, Hyundai Ioniq  Electric dilengkapi dengan 7 airbags pada bagian pengemudi dan penumpang, kemudian side+curtain, front thorax & pelvis + curtain, dan knee (driver).

Fitur lainnya juga ada PDW (Parking Distance Warning), Rear View Monitor, Single Speed Reduction Gear, Electric Parking Brake dengan Autohold dan Tire Pressure Monitoring System. OIA, mobil ini juga dilengkapi  tiga driving modes yaitu Eco, Sport dan Normal.

Mesin

Hyundai Ioniq Electric ini sudah dilengkapi baterai lithium ion polymer dengan kapasitas 38.3 kW yang memberikan tenaga maksimum 136 PS/100 kW dengan torsi 295 Nm dan dilengkapi standar dengan charger on-board 7.2 kW.

Jika mobil ini bagian baterai terisi penuh, maka Hyundai Ioniq Electric dapat berjalan sejauh 373 KM (berdasarkan NEDC)

Rencananya, Hyundai akan membuat stasiun pengisian cepat (fast charging station) 100 kW, baterai New Hyundai Ioniq Electric dapat mencapai 80 persen pengisian dalam waktu 54 menit.

Lalu, stasiun pengisian cepat 50 kW, baterai Hyundai Ioniq Electric mencapai 80 persen dalam waktu 57 menit. Dibutuhkan waktu minimal 6 jam 5 menit untuk mengisi baterai Hyundai Ioniq Electric dari indikasi baterai 0 persen sampai 80 dengan standard AC (240 V). (Her)