OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Hai Ladies, Ini 5 Cara Berpakaian Aman dan Stylish Saat Naik Motor



Hai Ladies, Ini 5 Cara Berpakaian Aman dan Stylish Saat Naik Motor

04 May 2021

Ilustrasi wanita berkendara sepeda motor. (Shutterstock)

Berkendara dengan menggunakan sepeda motor memang wajib menggunakan mengenakan beberapa perlengkapan keamanan dan keselamatan.

Pasalnya, mengendarai sepeda motor memiliki resiko cukup parah jika terjadi kecelakaan. Bayangkan, jika tertabrak atau terjatuh, pengendara maupun penumpang bisa terpental.

Oia OLXer, menggunakan kendaraan bermotor dengan perlengkapan keamanan dan keselamatan sejatinya tidak hanya diwajibkan oleh pengendara pria, tetapi juga wanita.

Nah, menurut team Safety Riding Honda, selain dari faktor keamanan bagi perempuan menggunakan riding gear secara lengkap punya fungsi tambahan apalagi saat cuaca di siang hari, seperti faktor kosmetik dimana dapat melindungi kulit tubuh dari paparan sinar yang dapat menghindari kulit menjadi belang.

“Apapun gaya berpakaian perempuan boleh-boleh saja tapi saat berkendara harus mengutamakan keamanannya nih,” tulis team Safety Riding Honda

Nah ladies, berikut ini perlengkapan berkendara yang perlu diperhatikan, seperti:

1. Helm

Helm khusus wanita
Helm khusus wanita yang dijual Cargloss. 

Helm berfungsi melindungi kepala dari efek negatif benturan. Nah, kalua ladies mau, gunakan helm yang berwarna cerah dengan ukuran yang pas, yang memiliki visor atau kaca helm berwarna bening dan ber-SNI. Untuk teman-teman yang menggunakan hijab bisa menggunakan satu diatas ukuran saat tidak menggunakan hijab.

2. Jaket

Mengendarai sepeda motor perlu menggunakan jaket. Agar tetap stylish, OLXer juga bisa gunakan jaket berwarna cerah, berlengan panjang, memiliki pengikat pada ujung lengan, serta memiliki ukuran yang pas dengan badan. Selain itu, pilihlah bahan jaket sesuai kondisi cuaca.

3. Sarung tangan

Menggunakan sarung tangan juga sangat diperlukan karena dapat melindungi seluruh jari dan tangan saat terjadi kecelakaan. Apalagi jika saat berkendara diwaktu hujan turun, jadi mengurangi rasa dingin.

Selain itu, sarung tangan juga bisa sangat bermanfaat agar kulit tidak belang saat berkendara di siang hari.

4. Celana Panjang

Ladies biker Royal Enfield touring
Ladies biker Royal Enfield touring

Gunakan celana panjang ketika berkendara untuk melindungi tubuh bagian bawah kita dan pergerakan kita saat berkendara jadi lebih nyaman. Untuk pengendara wanita yang mungkin menggunakan rok harus diperhatikan lagi terkait kenyamanan dan potensi bahaya (tersangkut) yang timbul saat berkendara, disarankan untuk menggunakan celana panjang terlebih dahulu lalu bisa mengganti rok setelah sudah sampai ke tempat tujuan.

5. Sepatu

Sepatu berfungsi melindungi kaki dari efek negatif benturan , lingkungan dan benda asing ketika berkendara. Akan lebih baik, bila kita menggunakan sepatu yang menutupi mata kaki dan tidak bertali. Hindari penggunaan sepatu yang berpotensi mengurangi keseimbangan dan mudah pegal saat naik motor termasuk penggunaan heels.

Nah, itulah lima perlengkapan yang perlu diperhatikan para ladies berkendara sepeda motor.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga