OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Hai Ladies, Ini 6 Hal Perlu Dilakukan Saat Mengemudi



Hai Ladies, Ini 6 Hal Perlu Dilakukan Saat Mengemudi

08 Mar 2021

Ilustrasi wanita mengemudi. (shutterstock)

Selamat Hari Perempuan Internasional semua wanita hebat di seluruh dunia. Ya, tepat 8 Maret 2021, kini diperingati sebagai International Women’s Day  untuk merayakan berbagai pencapaian kaum hawa dalam bidang apapun.

Pencapaian wanita yang semakin bebas melakukan apa saja juga bisa dilihat dari kegiatan mengemudi. Bahkan pada 2018 lalu, Arab Saudi saja baru mengizinkan wanita mengemudi. Ya, aturan mengemudi bagi  wanita sejatinya sudah diterapkan di berbagai negara termasuk di Indonesia. 

Nah, bicara soal mengemudi, memang tidak semua wanita merasa mudah untuk berada di balik kemudi. Sebaliknya, mereka terlalu khawatir dan banyak pertimbangan jika harus mengemudi. 

Padahal, ketika berkendara setidaknya harus rileks agar selamat sampai tujuan. Oleh karena itu, dibutuhkan keterampilan dan membaca kondisi jalan serta mematuhi aturan lalu lintas. 

Adapun di Hari Perempuan Internasional ini, ada beberapa tips yang bisa membuat para wanita lebih percaya diri ketika mengemudi di jalan raya yaitu:

1. Periksa mobil sebelum pergi

Ilustrasi mobil mogok karena overheat
Ilustrasi mobil mogok karena overheat

Ya, sebelum mengemudi pastikan memeriksa kondisi mobil, mulai dari fungsi lampu-lampu harus menyala, air radiator sudah terisi, bahan bakar jangan sampai habis, hingga tekanan angin tetap sesuai dengan buku petunjuk. Tentu saja Anda pasti tak maukan mobil mogok tanpa tahu apa masalahnya.

Jika OLXer merasa ada yang masalah, namun tidak mengerti cara memperbaikinya, maka hubungi atau simpan nomor mekanik bengkel agar bisa mendapatkan konsultasi hingga perbaikan yang tepat dan cepat. 

2. Tetap fokus mengemudi

Wanita mengemudi sambil make up
Wanita mengemudi sambil make up. (shutterstock)

Sejumlah penggiat otomotif berpengalaman menyebutkan, bahwa kecelakaan yang dialami wanita ketika mengemudi yaitu kurang fokus saat di balik kemudi. 

Ya, wanita kerap melakukan berbagai aktivitas lain saat mengemudi, mulai dari sibuk dengan smartphone, membuka media sosial, berbincang lewat sambungan telepon, hingga merias diri.

Padahal cara yang tepat adalah cukup fokus mengemudi tanpa mengerjakan hal lainnya. Jika ingin melakukan itu, pilih lokasi berhenti yang aman.

3. Atur posisi mengemudi

Hai ladies, jika hendak mengemudi pastikan atur berbagai pendukung di dalam maupun luar mobil seperti pasang kaca spion agar mudah terlihat saat mengemudi.  Selain itu, atur posisi nyaman jok seperti maju atau mundur. Bisa juga mengatur posisi lingkar kemudi lebih dekat atau menjauh dari tubuh, serta gunakan sabuk pengaman dengan benar. 

4. Ingat perbedaan pedal gas dan rem

Tak sedikit wanita yang mengemudi mengaku lupa ketika harus menginjak pedal gas dan rem. Kasus kecelakaan ini juga cukup banyak terjadi lho OLXer. Apalagi, saat mengemudi mobil dengan transmisi otomatis. 

Agar tidak mengalami masalah ketika melakukan rem atau gas, sebaiknya jangan mengoperasikan bagian tersebut seperti mengemudi mobil transmisi manual yang menggunakan kaki kanan dan kiri. Sebaliknya, jika mobil dengan transmisi otomatis cukup gunakan kaki kanan saja, setelah itu bergantian untuk menginjak gas atau rem.

5. Jangan mengemudi gunakan sepatu hak tinggi

Wanita mengemudi menggunakan high heels
Wanita mengemudi menggunakan high heels. (shutterstock)

Wanita kerap kali ingin tetap tampil cantik dalam berbagai kesempatan, termasuk saat mengemudi dengan menggunakan sepatu hak tinggi.

Padahal, ketika menggunakan sepatu hak tinggi, maka pengemudi akan sangat sulit untuk bereaksi cepat terhadap situasi mendesak. 

Oleh karena itu, disaran jika wanita terpaksa harus mengemudi wajib membawa sepasang sepatu datar atau sandal yang tepat di dalam mobil. 

6. Ekstra berhati-hati

Wanita memang kerap membawa banyak perlengkapan ketika mengemudi, termasuk perhiasan mahal. Maka dari itu hindari hal tersebut, karena mengundang tindakan kriminal.

Jika OLXer berkendara sendiri dan didapati ada seorang yang menanyakan alamat atau hal lainnya, maka sebaiknya cukup turunkan kaca jendela terlebih dahulu. Kemudian, lihat sekitar lokasi aman atau tidak. 

Agar OLXer terhindari dari orang-orang yang mencurigakan, mungkin tidak ada salahnya menyimpan semprotan merica alias pepper spray untuk berjaga-jaga.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga