Copied to clipboard!

Ilustrasi berkendara. (AHM)



TIPS

Hai Rider, Lakukan 4 Tips Ini Setelah Riding Supaya Terhindar Covid-19

Author : Herdi Muhardi

06 Aug 2020


Melakukan berbagai kegiatan di luar termasuk di tengah pandemi Covid-19 memang lebih beresiko. Hal ini membuat masyarakat harus lebih ekstra dalam menerapkan protokol kesehatan.

Seperti diketahui, peralatan protokol kesehatan yang wajib diterapkan seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan atau hand sanitizer, dan menghindari kerumunan dengan cara melakukan social distancing.

Tak terkecuali para pengendara sepeda motor. Sebab, meski sudah menggunakan perlengkapan safety riding, tetap saja harus semakin rajin membersihkannya agar virus dan kotoran yang menempel hilang.

Hal ini juga disampaikan langsung Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor, Johannes Lucky. Kata dia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan setelah berkendara.

“Pertama Riding Gear. Harus lebih sering dicuci, karena dipakai seharian bahkan lebih,” ungkap Lucky saat video conference bersama awak media beberapa waktu lalu.

Riding Gear yang dimaksud cukup banyak, mulai dari jaket, sarung tangan, masker, helm hingga baju dan celana yang digunakan saat berkendara.

Kedua, lanjut Lucky, sepeda motor yang kita gunakan juga harus disempatkan untuk dibersihkan, karena ada beberapa bagian pada sisi sepeda motor berpotensi terkena kontak dengan seseorang yang kita tidak tahu apakah mereka orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), atau orang tanpa gejala (OTG).

Ketiga, pengendara juga setelah berkendara setelah melakukan riding sebaiknya sebelum berinteraksi dengan keluarga untuk membersihkan diri atau mandi.

Keempat, istirahat yang cukup. Sebab, tidak menutup kemungkinan riding dapat membuat tubuh menjadi Lelah sehingga membutuhkan istirahat yang cukup agar imun tubuh juga terjaga.

OLXer perlu tau juga, ketika beristirahat atau sampai di tujuan setelah berkendara sebaiknya helm, jaket, sarung tangan, masker disimpan di dalam kantong atau tas khusus agar terhindari dari sentuhan pengendara atau orang lain.