Copied to clipboard!

Ilustrasi mengemudi saat hujan. (shutterstock)



TIPS

Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Mengemudi di Musim Hujan

Author : Herdi Muhardi

01 Oct 2020


Hujan terkadang datang secara tiba-tiba dengan intensitas tinggi tanpa bisa diduga. Apalagi saat masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan seperti saat ini. 

Namun begitu, OLXer yang kerap melakukan mobilitas menggunakan mobil tanpa memandang kondisi cuaca, sudah seharusnya melakukan berbagai persiapan. Oia, perlu dicatat persiapan yang dilakukan ada dua yaitu persiapan mobil dan juga persiapan diri.

Nah, mau tau persiapannya apa saja, berikut ulasannya:

1. Persiapan Mobil

Tahap awal yang perlu dilakukan pemeriksaan yaitu karet wiper. Kalau sampai bermasalah, tidak bisa melihat dengan baik sehingga sangat berbahaya. Jangan lupa cek wiper bagian belakang.

Selain itu, periksa juga air pembersih kaca dan jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor. Perhatikan seluruh lampu, mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang, agar tidak ada yang mati.

Saat hujan turun, sistem kelistrikan mobil akan bekerja keras karena seluruh perangkat listrik aktif beroperasi. Jangan tunggu bermasalah, cek kondisi aki mobil apakah masih layak pakai atau tidak.

Tak kalah penting untuk diperhatikan yaitu pada bagian ban, karena potensi kecelakaan sangat besar ketika ban mobil tidak dalam kondisi prima. Perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil. 

Tingkat keausan ban yang tidak merata menandakan ada masalah di kaki-kaki mobil. Periksa pula tekanan angin ban supaya sesuai dengan standarnya. Sembari itu, tidak ada salahnya memeriksa sistem kemudi dan suspensi agar mobil dapat melaju dengan baik di genangan air.

Jangan lupakan rem mobil. Kondisi jalan yang licin membuat rem mobil bekerja lebih keras. Pastikan rem berfungsi baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran. 

Masuk ke dalam mobil, pastikan AC berfungsi baik dan dingin. Hembusan AC yang tidak dingin akan membuat kaca depan mobil berembun dan mengganggu visibilitas.

2. Persiapan Diri

Terkadang ada beberapa perlengkapan yang lupa dimasukan kembali ke dalam mobil, salah satunya payung. Pastikan cek tempat biasa meletakkan payung dan pastikan bisa berfungsi dengan baik. 

Siapkan sandal untuk dipakai keluar masuk mobil seperti ketika di pom bensin sehingga tidak perlu pakai sepatu pantofel apalagi high heel yang menyulitkan. Terlihat sepele, tidak ada salahnya menyiapkan minimal kaos untuk jaga-jaga bila kehujanan saat mau masuk mobil.