Copied to clipboard!

Smart Fortwo 2011 52KW MHD Coupe Bensin Merah dijual di Surabaya, Jawa Timur dengan harga Rp 170 juta. (OLX.co.id)



MOBIL BEKAS

Harga Mobil Kecil Smart Fortwo Bekas, Berapa Yah?

Author : Herdi Muhardi

14 Oct 2020


Smart Fortwo, mobil ini sempat menjadi perbincangan publik di Indonesia sekitar 2011. Maklum, mobil yang satu ini memang benar-benar mungil, bahkan kapasitasnya hanya dua orang yaitu pengemudi dan penumpang.

Wah seperti kapasitas sepeda motor yah? Ya betul, bahkan masih bisa dibilang lebih lega angkutan umum Bajaj dibandingkan Smart Fortwo. Meski begitu, bagi mereka yang lebih menyukai bepergian hanya berduan mobil ini sangat pas. Selain itu, untuk mencari lahan parkir yang sempit juga tak perlu khawatir. 

Walaupun bentuknya kecil, secara fitur dan teknologi jauh lebih hebat jika dibandingkan Bajaj. Selain itu, soal harga Smart Fortwo saat pertama kali diluncurkan harga lebih cukup tinggi.

Ye, jika dibandingkan Toyota Avanza, harga Smart Fortwo lebih mahal, yaitu Rp 219 juta untuk tipe Smart Pure, kemudian Rp 249 juta untuk tipe Passion Coupe dan Rp 269 juta untuk tipe Smart Passion Cabrio. Ketiganya dijual dengan status off the road.

Meski harganya cukup tinggi untuk mobil kecil berkapasitas dua orang, namun ternyata tetap ada lho yang membelinya. Hanya saja, OLXer juga harus tahu bahwasanya Smart Fortwo yang dijual melalui PT Mercedes-Benz Indonesia selaku distributor saat ini sudah tak lagi melego mobil asal Jerman tersebut.

Lalu apakah di pasar mobil bekas Smart Fortwo masih ada dan berapa harganya?

Tentu saja masih ada mobil bekasnya walau jumlahnya pasti sangat sedikit. Sedangkan soal harga, ternyata untuk mobil Smart Fortwo berstatus bekas masih cukup tinggi, terlebih untuk mobil kecil bermesin 1.0 liter serta tak lagi dijual di Indonesia.

Seperti di situs jual beli OLX.co.id, ada beberapa mobil Smart Fortwo dengan tahun produksi 2010-2015 dijual dengan harga antara Rp 150-250 jutaan.

Perlu dicatat, jika OLXer memang berniat membeli mobil Smart Fortwo bekas jangan heran meski satu model, varian dan tahun produksinya sama, namun harganya berbeda-beda. Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

Sebab, untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu. Jika OLXer memang berniat mencari mobil tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXer idamkan terasa ada yang bermasalah atau tidak.

Untuk lebih detail soal Smart Fortwo bekas bisa klik di sini.