Copied to clipboard!
Fitur Busi

Busi NGK jenis Iridium (Foto : NGK)



TIPS

Harus Tau! Tidak Semua Busi Sama, Ada Fitur Pembeda

Author : Zainal Abidin

22 Jul 2020


Mungkin banyak dari OLXers yang berpikir bahwa semua busi itu sama saja, apapun mereknya. Sebagai parts dari kendaraan yang berfungsi mengubah tegangan listrik yang disalurkan koil menjadi percikan api yang nantinya membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin yang dikompresi kemudian menggerakkan mesin.

Tapi pada dasarnya anggapan ini harus diluruskan, karena ternyata tidak semua busi itu sama.

Busi yang berasal dari bahasa Perancis yakni bougie menjadi elemen penting dalam sistem pengapian mesin, ternyata memiliki segudang fitur yang disematkan khusus untuk kebutuhan masing-masing kendaraan. 

Kita ambil contoh pada dua busi NGK varian Iridium IX BR9ECMIX dan BR8ECM. Keduanya merupakan busi untuk motor namun memiliki perbedaan pada bentuk bagian ujung busi yang biasa disebut elektroda ground, jika dibandingkan bentuk busi pada umumnya. 

Umumnya elektroda ground busi berbentuk ‘J’, namun untuk kedua busi NGK varian ini tingkat sudut kemiringan elektroda ground-nya jauh lebih menunduk atau kerap disebut berdesain ‘tiarap’ hingga elektroda pusatnya hampir tidak kelihatan.

“Busi berdesain ‘tiarap’ peruntukannya untuk mesin motor 2-Tak dengan performa tinggi seperti motor balap atau motor trail. Sifat mesin 2-Tak cenderung lebih panas, akibat siklus pembakaran campuran oli samping, bensin, dan udara yang menyisakan deposit karbon di ruang bakar, sehingga temperatur busi menjadi lebih tinggi. Fungsi busi dengan desain ‘tiarap’ adalah untuk mendinginkan busi agar tidak mudah meleleh,” jelas Yaumil Ichsan, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Selain lebih menunduk, elektroda ground busi untuk kebutuhan motor balap juga punya dimensi lebih pendek. 

“Semakin pendek dimensi elektroda ground busi, maka akan semakin tinggi pula kemampuannya saat memperoleh getaran dan guncangan yang cukup hebat saat motor dipakai di kondisi ekstrim seperti sirkuit balap maupun motocross, risiko elektroda busi patah bisa diminimalisir,” pungkasnya.

Nah, untuk mencari busi yang cocok untuk masing-masing jenis kendaraan OLXers, bisa langsung klik disini!