OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Mobil Bekas /  Hilang Hampir 25 Tahun, Mobil Aston Martin DB5 James Bond Ditemukan?



Hilang Hampir 25 Tahun, Mobil Aston Martin DB5 James Bond Ditemukan?

25 Aug 2021

Ilustrasi Aston Martin DB5. (Shuttertstock)

Aston Martin DB5, yang sempat dinobatkan sebagai salah satu mobil terpopuler sepanjang masa, namanya cukup melegenda. Hal ini tak lepas dari perannya menjadi mobil milik agen rahasia 007 dalam film Goldfinger pada tahun 1964 dan Thunderball pada tahun 1965.

Namun OLXer harus tahu, ternyata 24 tahun lalu atau tepatnya tahun 1997, salah satu Aston Martin DB5 yang sempat digunakan untuk keperluan shooting film yang dibintangi aktor Sean Connery sebagai James Bond hilang saat diparkir di sebuah hangar di Bandara Raton, Florida, Amerika Serikat.

Disebutkan Aston Martin DB5 James Bond tersebut, saat itu sudah dimiliki oleh pengusaha ternama asal Florida, Anthony Pugliese III.

Hilangnya Aston Martin DB5 ini pun membuat perusahaan Art Recovery International yang disewa sang pemilik mobil sangat serius melakukan pencarian ke pelosok penjuru dunia. Nah kabar terbaru, sosok Aston Martin DB5 yang hilang dicuri puluhan tahun keberadaan mulai terendus.

Menurut Lead investigator Art Recovery International Christopher Marinello, dirinya sudah lebih dari satu dekade untuk mencari kendaraan yang hilang.

“Saya percaya bahwa mobil ini telah dipamerkan di kawasan Timur Tengah. Menurut saya saat ini sang pemilik mobil ingin memamerkannya. Bahkan saya mendapatkan laporan bahwa mobil tersebut sempat dipinjamkan beberapa kali hingga ke Bahrain dan Kuwait,” ucapnya seperti dilansir The Sun.

Menurutnya, saat dilakukan pengecekan, nomor Vehicle Identification Number (VIN) Aston Martin DB5 tersebut cocok dengan mobil James Bond yang hilang 24 tahun lalu. 

Dia juga mengatakan, saat ini Aston Martin DB5 James Bond jadi salah satu koleksi mobil pribadi seseorang yang berada di Timur Tengah.

“Saya berharap pemiliknya akan maju secara sukarela (menyerahkan mobil) sebelum saya harus membuat pengumuman. Sudah menjadi kebijakan saya untuk memberikan kepada pemilik barang curian dan jarahan,” tuturnya.

Adapun Aston Martin DB5 tersebut merupakan satu-satunya mobil yang saat pengambilan gambar sudah dimodifikasi dengan dilengkapi perlengkapan gadget dan fitur canggih, seperti kursi pelontar, velg dan ban penghancur, bodi anti peluru, penyemprot oli, asap, serta minyak.

Sekadar informasi, Aston Martin DB5 pertama kali ditampilkan di ajang New York World's Fair 1964 dan mobil ini dijuluki ‘Mobil paling terkenal di dunia’. Disebutkan, jika Aston Martin DB5 yang dibuat sekitar tahun 1963-1965 hanya sebanyak 1.059 unit.

Menyoal harganya, terakhir saat Aston Martin DB5 dijual pada tahun 1986, mobil ini laku hingga US$275 ribu (Rp 3,9 miliar). Nah, bagaimana untuk saat ini? Diperkirakan mobil tersebut saat ini tembus di angka US$24 juta atau sekitar Rp 345,9 miliar.

Adapun untuk jantung pacu, Aston Martin DB5 dibekali mesin DOHC 6 silinder dengan kapasitas 4.0 L yang menghasilkan daya hingga 282 Tk pada 5.500 rpm dan torsi puncaknya 380 Nm pada 4.500 rpm.

Di atas kertas, Aston Martin DB5 ini dapat berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu delapan detik.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga