Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriHindari Tabrakan Beruntun di Jalan Tol, Begini Langkah Antisipasinya

    Hindari Tabrakan Beruntun di Jalan Tol, Begini Langkah Antisipasinya

    News.OLX.co.id – Tabrakan beruntun bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Apalagi kalau kita bicara berkendara di jalan tol atau jalur bebas hambatan, potensinya sangat terbuka lebar. Penyebabnya adalah karena kelengahan pengguna jalan dalam menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depannya.

    Di tengah kondisi cuaca hujan seperti sekarang, jika OLXers rutin menjalankan aktivitas berkendara di jalan tol sebaiknya sangat memperhatikan hal ini. Bukan apa-apa, hujan menyebabkan jarak pandang pengemudi berkurang dan jalan licin sehingga mobil lebih mudah terlibat kecelakaan.

    Bisa saja OLXers sudah sangat siap untuk mengantisipasi risiko tabrakan beruntun karena sudah menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Tapi bagaimana dengan kendaraan yang ada di belakang? Apakah jarak mereka sudah aman atau belum, kecepatan mereka sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan? 

    Oleh karena itu, dituntut kesadaran serta fokus bersama para pengguna jalan tol agar bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya tabrakan beruntun yang tentunya akan merugikan banyak pihak yang menjadi korbannya.

    Berikut adalah langkah yang bisa dilakukan oleh pengguna jalan tol untuk mencegah tabrakan beruntun yang disosialisasikan oleh Auto2000 sebagai main dealer produk Toyota di Indonesia :

    Tetap Pertahankan Fokus dan Kewaspadaan

    Mengemudi mobil adalah kegiatan penuh waktu yang tidak bisa disambi dengan aktivitas lain supaya perhatian tetap fokus dan waspada hanya pada kondisi jalan di depan. Oleh sebab itu, simpan ponsel dan persiapkan segala kebutuhan mengemudi dengan baik. Seperti, menyiapkan peta digital, makanan, minuman, dan kartu e-tol sebelum berjalan sehingga tidak mengalihkan perhatian ketika dibutuhkan.

    Taat dan Patuhi Batas Kecepatan di Jalan Tol

    Masih banyak pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan kecepatan minimal dan maksimal di jalan tol sehingga memicu kecelakaan ditabrak dari belakang. Mobil yang terlalu pelan membuat kendaraan lain di belakang sulit mengantisipasi jarak dan laju mobil, sedangkan mobil yang terlalu kencang bisa berpotensi memicu kecelakaan jika gagal dikendalikan. Berjalanlah sesuai aturan dan kebutuhan, termasuk dalam memilih jalur yang sesuai kecepatan mobil di jalan multi lajur seperti jalan tol.

    Selalu Jaga Jarak Aman

    Cara termudah adalah dengan teknik berhitung minimal tiga detik atau lebih dari itu lebih baik lagi. Perhitungannya sederhana, OLXers bisa menentukan patokan benda statis yang dilalui kendaraan di depan, seperti tiang lampu penerangan jalan, dan mulai berhitung tiga detik. Ketika melintasi benda itu tepat masuk pada detik ketiga, maka jarak OLXers sudah bisa dikatakan aman. Bila masih kurang dari tiga detik dan benda itu sudah dilewati, berarti kecepatan mobil terlalu tinggi dan segera kurangi.

    Harapannya, waktu 3 detik atau lebih cukup untuk merespons situasi darurat seperti ketika lampu rem mobil di depan tiba-tiba menyala. Waktu 3 detik atau lebih sebagai perhitungan reaksi pengemudi mulai dari mata melihat, anggota tubuh seperti kaki merespons dengan menginjak pedal rem, dan mobil bereaksi dengan melakukan pengurangan kecepatan.

    Rutin Lakukan Perawatan

    Penyebab terjadinya kecelakaan bukan karena faktor hilang fokus semata, bisa juga karena kendala teknis pada kendaraan akibat jarang dirawat. 

    Butuh reaksi dari mobil agar dapat menghindari tabrakan beruntun, bisa dengan melakukan pengereman atau manuver menghindar. Kalau kondisi rem tidak optimal, tabrakan tentu tak bisa dihindari. 

    Memastikan mobil sanggup bereaksi sesuai keinginan pengemudi, servis berkala secara rutin memegang peran penting  untuk memastikan seluruh bagian mobil selalu dalam kondisi prima.

    Bagi pemilik kendaraan Toyota dengan jarak tempuh sudah lebih dari 50.000 km, Auto2000 menawarkan paket SPONTAN (Siaga Kupon Perawatan) yang berlaku hingga 30 Juni 2021. 

    Paket ini berlaku khusus untuk kendaraan yang sudah tidak memiliki kuota free service atau odometer di atas 50.000 km dengan cara melakukan booking terlebih dulu lewat Auto2000 Digiroom. 

    “Di musim hujan ini tabrakan mobil secara beruntun masih kerap terjadi namun bisa dihindarkan jika mematuhi aturan lalu lintas dan menerapkan prinsip safety driving. Dan yang tidak kalah penting, menjaga kondisi mobil supaya tetap prima dengan menjalankan servis berkala,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Minggu (28/2/2021).

    Adapun keuntungan yang diperoleh dengan memanfaatkan paket ini adalah penghematan biaya servis berkala hingga 34 persen dari biaya normal.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait