Copied to clipboard!
Honda Odyssey

Honda Odyssey generasi pertama yang meluncur di tahun 1994 (Foto : Google)



BERITA

Cerita Honda Odyssey Generasi ke Generasi Selama 25 Tahun

Author : Zainal Abidin

29 Oct 2020


Tepat tahun ini Honda Odyssey sudah berusia 25 tahun dan hadir menyapa pecinta model Multi Purpose Vehicle (MPV) dalam 5 generasi yang selalu tampil menawan. Pasar Eropa mengenalnya dengan nama Honda Shuttle. 

Pertama kali meluncur tahun 1994 di Jepang, Odyssey diperkenalkan sebagai mobil dengan desain kursi tiga baris berpenggerak Four Wheel Drive (4WD). Lalu di tahun 1997, mobil ini mulai mengadopsi mesin 3.0L V6 J30A dan menyematkan fitur Sunroof khusus untuk  tipe L dan Aero. 

5 tahun setelah hadirnya generasi pertama, tepatnya di akhir tahun 1999, Honda Odyssey generasi kedua meluncur. Kali ini Honda Odyssey dibuat dengan dimensi yang lebih besar dari sebelumnya. 

Honda Odyssey generasi kedua diproduksi untuk dijual di pasar Jepang dan Australia, serta didesain menggunakan setir kiri khusus untuk pasar Cina. 

Dari sisi tampilannya, selain dimensi yang lebih besar, Odyssey generasi kedua juga memiliki bumper, dan front grille yang lebih besar beraksen krom.

Ada dua varian mesin yang ditawarkan, 2.3L pada model RA6 (2WD) dan RA7 (4WD), serta mesin berkapasitas 3L pada model RA8 (2WD) dan RA9 (4WD) berjenis Prestige dan Absolute. 

Setahun kemudian (2000), Odyssey menjadi mobil Honda pertama yang menggunakan transmisi otomatis lima percepatan di varian mesin 3L.
Memasuki tahun 2003, tepatnya bulan Oktober, Honda Odyssey generasi ketiga mulai dipasarkan di Jepang. Lalu menyusul pasar Australia dan beberapa negara lainnya di awal tahun 2004. 

Tampilan keseluruhannya masih mempertahankan model lima pintu dengan desain yang lebih ramping, ground clearance lebih rendah. Khusus untuk pasar Jepang, Honda Odyssey juga dibekali fitur cruise control.

Di generasi ketiga ini, Honda memasang mesin i-VTEC berkapasitas 2,4L dengan tenaga maksimal 160 PS pada Odyssey. Versi penggerak 4WD hadir dengan transmisi otomatis, sedangkan versi 2WD menggunakan transmisi CVT, kecuali untuk tipe Absolute dan model ekspor lainnya.

Siklus lima tahunan generasi Honda Odyssey berlanjut di Oktober 2008, Honda Odyssey generasi keempat akhirnya diluncurkan dengan tetap mempertahankan mesin dan transmisi yang sama, namun tenaganya lebih besar serta lebih irit konsumsi bahan bakar. 

Honda Odyssey menggunakan mesin 2.4L dan transmisi CVT dengan Torque Converter untuk penggerak FWD, dan transmisi otomatis lima percepatan untuk versi 2WD dengan tenaga 206 HP.

Pada bulan September 2013, generasi terbaru Honda Odyssey diluncurkan secara global dengan konsep premium van. Selain mengusung desain yang lebih dinamis dan modern, perubahan paling mencolok terdapat pada desain pintu yang sebelumnya dibuka ke arah luar, kini menjadi pintu geser yang dibuka ke samping. 

Desain terbaru Honda Odyssey membuat dimensinya terlihat lebih besar dengan konsep kursi Ottoman pada baris kedua untuk semakin meningkatkan kenyamanan penumpang.

Mesinnya menggunakan mesin 2.4L VTEC dengan tenaga 175 PS dan torsi 225 Nm. Sementara untuk tipe Absolute, adanya fitur direct-injection membuat tenaga mesin Honda Odyssey mencapai 190 PS dengan torsi maksimal 237 Nm.

Honda Odyssey Facelift Hadir di Jepang, Dijual di Indonesia?

Tahun ini Honda Jepang sudah mengumumkan rencana peluncuran model terbaru dari Odyssey dengan tampilan yang lebih segar serta penambahan beberapa fitur yang makin canggih. 

Wajah dari Honda Odyssey facelift ini lebih modern dan gagah. Faktor utamanya karena lampu LED yang terintegrasi dengan DRL dan gril depan bentuknya lebih mengotak. 

Hanya ditawarkan dalam varian Absolute, tapi untuk sektor mesin akan ada dua pilihan, bensin 2.4L dan mesin e:HEV atau hybrid 2.0L yang dikombinasikan dengan motor listrik. Untuk pilihan mesin yang terakhir ini memang merupakan sesuatu yang baru.

Ruang kabin memiliki lantai yang lebih rendah yang semakin memudahkan akses ke dalamnya, dengan atap lebih tinggi. Ubahan ini menjadikan kabin Honda Odyssey semakin luas. 

Fitur baru yang tidak kalah canggih pada Odyssey facelift adalah sistem buka pintu dengan gesture control sliding door yang diklaim Honda sebagai yang pertama di Jepang.

Apakah nantinya model Honda Odyssey terbaru ini akan dijual di Indonesia? PT Honda Prospect Motor (HPM) masih mempelajari segala kemungkinannya. Jika kondisi pasar otomotif terlihat sudah menunjukkan tren positif di tengah pandemi, kemungkinan besarnya model ini juga bakal dinikmati konsumen Tanah Air.