OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Motor /  Honda S90Z Motor Jadul Pertama yang Dirakit di Indonesia, Berapa Harganya?



Honda S90Z Motor Jadul Pertama yang Dirakit di Indonesia, Berapa Harganya?

03 Feb 2021

Honda S90Z

Honda S90Z dijual di OLX.co.id seharga Rp 18 juta. (OLX.co.id)

News.OLX.co.id - Sepeda motor jenis terbaru memang banyak digandrungi karena sudah dilengkapi teknologi modern yang dilengkapi fitur-fitur keren sehingga sangat mendukung mobilitas penggunanya.

Namun OLXer juga harus tahu, ternyata sepeda motor jadul (jaman dulu) sampai saat ini tak pernah sepi peminat. Bahkan, tak sedikit orang berburu sepeda motor jadul, termasuk sepeda motor Honda pertama yang dirakit di Indonesia, yaitu Honda S90Z.

Ya, Honda S90Z jadi sepeda motor pertama yang dirakit di Indonesia oleh Federal Motor pada tahun 1971-1975. Sejatinya, motor ini merupakan penerus dari Honda S90 yang sudah hadir sejak 1964-1969 dan dijual ke Indonesia secara utuh dari Jepang.

Memang S90Z dan S90 memiliki DNA yang sama karena sama-sama memiliki bentuk yang mirip secara bentuk sasis dan mesin sama yaitu 4 tak berkapasitas 90cc, OHC, dengan sistem pengapian menggunakan platina, yang mampu mengeluarkan daya 8 Tk pada 9.500 rpm, dan sanggup melesat hingga 99,8 km/jam.

Yang membedakan antara Honda S90 dan S90Z terlihat jelas pada bagian lampu, tangki dan juga penempatan speedometer. Nah, jika OLXer ingin mencari Honda S90Z atau Honda S90 tentu saja tidak akan ada yang model baru. Namun untuk berstatus bekas tentu saja masih ada seperti yang dijual di OLX.co.id.

Seperti diketahui, baik Honda S90Z maupun Honda S90 memang bisa tergolong motor lawas, akan tetapi harga motor ini sangat bervariasi mulai dari Rp 5 jutaan sampai setara motor sport bermesin 250 cc sekitar Rp 65 jutaan.

Tapi perlu dicatat, jika OLXer memang berniat membeli sepeda motor Honda S90Z atau S90 jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian serta tahun produksinya sama, namun soal urusan harga bisa berbeda-beda. Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

Hal ini karena untuk menentukan harga sebuah motor bekas sama seperti mobil bekas, harganya memang ‘gelap’. Ini karena bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi motor, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

Belum lagi harga motor bekas juga bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawatnya, serta pajak dibayar tepat waktu. Apabila OLXer memang ingin mencari sepeda motor bekas S90Z atau S90 tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

Oia, jika diperbolehkan melakukan test ride, maka manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas S90Z atau S90 yang OLXer idamkan terasa ada yang bermasalah atau tidak.

Untuk lebih detail soal S90Z atau S90 di OLX.co.id, bisa lihat di sini.

 

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga