BERITA

Honda Segera Hentikan Penjualan Civic Type R, Diskontinyu?

09 Oct 2019

Honda Civic Type R adalah model flagship Honda di Indonesia dengan banderol menyentuh angka Rp1 miliar. Namun baru-baru ini Honda memberikan pengumuman yang cukup mengejutkan di laman situs Civic Type R di Jepang.

Pengumuman itu berupa tulisan kanji kecil yang menyatakan penjualan hatchback kencang itu segera dihentikan. Berikut tampilan situsnya setelah diterjemahkan ke bahasa Inggris.

Honda segera hentikan penjualan Type R. Foto: Situs Honda

Merespon kabar yang dilansir Best Car Web, divisi PR Honda menyatakan bahwa sebenarnya pemberitahuan akan segera dihentikannya penjualan Civic Type R sudah dicantumkan di situs resmi Honda sejak Agustus 2019 lalu.

Type R statusnya dinyatakan diskontinyu dan akan diganti model baru. Namun tidak jelas maksudnya model yang benar-benar baru atau sekadar minor change.

Sementara menurut pihak dealer Honda di Tokyo berbeda. Dealer juga menyatakan sudah diberi info bahwa penjualan Type R akan distop. Namun menurut dealer, status Civic Type R bukan diskontinyu. Dealer justru mengakui Honda akan merilis versi Type R dengan minor change, kemudian penjualannya akan dibuka kembali.

Sebagai pengingat, Honda sempat ketahuan mengetes Civic Type R dengan model yang tampak berbeda pada beberapa bagian dengan yang ada saat ini. 

Spyshot facelift Civic Type R? Foto: Motor Authority

Dengan demikian, tanpa ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Honda Jepang, status Civic Type R masih simpang siur. Setidaknya sampai model saat ini penjualannya benar-benar telah distop.

Adapun BestCarWeb juga menyebutkan bahwa sisa model saat ini khususnya warna Championship White, hanya sekitar 200 unit.

Dampak Penutupan Pabrik Honda di Inggris?

Honda telah mengkonfirmasi rencana penutupan pabriknya di Swindon, Inggris pada 2021 mendatang yang ditengarai terkait efisiensi perusahaan. Perusahaan berdalih penutupan satu-satunya pabrik Honda di kawasan Uni Eropa ini karena perubahan di industri, bukan juga dampak dari Brexit, ketika Inggris memisahkan diri dari Uni Eropa.

DI Swindon, Honda memproduksi sekitar 160.000 unit Civic per tahun. Termasuk versi Type R yang dijual di Jepang dan juga yang masuk ke Indonesia. Lalu apakah penutupan pabrik di Inggris ini mempengaruhi keputusan Honda untuk menyetop penjualan Civic Type R di kampung halamannya? Divisi PR Honda di Jepang juga membantah keterkaitan ini.

Sementara pihak dealer Honda di Jepang memberikan keterangan bahwa saat ini Honda hanya memiliki stok Civic Type r sebanyak 200 unit saja dan semuanya berkelir Championship White. Bahkan Civic versi sedan dan hatchback non-Type R juga sudah ludes.

Dealer tersebut juga membocorkan bahwa versi facelift dari Civic Type R akan diluncurkan pada pertengahan 2020 mendatang. Kita tunggu saja ya seperti apa sosoknya nanti, OLXer! (Dhan/Her)