OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Hujan Makin Deras dan Lebat, Lakukan Ini Pada Ban Mobil Anda



Hujan Makin Deras dan Lebat, Lakukan Ini Pada Ban Mobil Anda

23 Nov 2020

Ilustrasi ban mobil saat melintasi jalan tergenang air. (shutterstock)

Hujan turun semakin deras dan lebat, maka dari itu sudah saatnya kita mempersiapkan kondisi tubuh agar tetap sehat. Selain itu, di musim hujan seperti ini, sudah sebaiknya para pemilik kendaraan sepeda motor dan mobil lebih rajin melakukan pengecekan pada tunggangannya.

Nah, dari sekian banyak komponen yang menempel pada kendaraan, ban menjadi salah satu yang wajib diperhatikan atau diperiksa lebih rajin.

Kenapa? Hal tersebut karena salah satu penyebab kecelakaan mobil di musim hujan disebabkan terjadi aquaplaning atau hydroplaning. 

Aquaplaning dapat diartikan sebagai kondisi saat tekanan air terakumulasi di depan ban mobil sehingga telapak ban akan terangkat atau tidak menempel pada permukaan jalan ketika melaluinya. 

Ya, jika terjadi Aquaplaning, maka akan kehilangan kendali lantaran tidak bisa membelokkan setir dan mobil tetap berjalan lurus karena ban kehilangan traksi. 

Agar hal tersebut tidak terjadi, Auto2000 membeberkan beberapa langkah jitu untuk pemeriksaan dan perawatan ban mobil yang bisa dilakukan.

1. Periksa tekanan angin ban

Tekanan angin ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan memastikan telapak ban mobil memperoleh grip atau menapak aspal jalan dengan optimal.

2. Perhatikan telapak ban

Periksa ketebalan tapak ban via Tire Wear Indicator (TWI) yang terdapat di alur telapak ban. Segera ganti ban mobil ketika permukaan telapak ban sudah sejajar dengan indikator TWI untuk memastikan mobil tidak mudah tergelincir di jalan licin.

3. Cek dinding ban

Periksa pula dinding ban dari potensi rusak seperti sobek atau benjol. Tidak ada toleransi, ban mobil yang dindingnya rusak tersebut harus segera diganti baru. 

4. Inspeksi pelek mobil

Pastikan pelek dalam kondisi baik agar keseimbangan ban dapat terjaga. Jika pernah merasa mobil melaju di kondisi jalan yang rusak, sudah sepatutnya lakukan inspeksi pada pelek.

5. Lakukan spooring dan balancing 

Nah, jika sudah semua dicek, maka sebaiknya lakukan spooring dan balancing untuk mengembalikan sudut geometri seluruh roda sesuai ketentuan pabrikan dan menyeimbangkan keempat roda sehingga dapat berputar dengan baik tanpa vibrasi yang mengganggu. 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga