Copied to clipboard!

Ilustrasi cara membersihkan kaca. (shutterstock)



TIPS

Hujan Sebabkan Kaca Berjamur, Begini Cara Membersihkannya

Author : Herdi Muhardi

13 Oct 2020


Jamur pada kaca mobil jangan dianggap sepele. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan visibilitas atau jarak pandang pengemudi jadi terganggu.

OLXer juga harus tahu, bahwa jamur kerap kali muncul saat musim hujan. Kenapa? Ya, hal ini karena air hujan yang menempel di bodi dan kaca mobil tanpa cepat-cepat dibersihkan maka akan lebih cepat menimbulkan jamur.

Demikian juga jika mobil dicuci namun tidak langsung dilap, maka akan menyebabkan timbul bercak dan kemudian jamur.

OLXer harus tahu, setidaknya jika body atau kaca berjamur hal tersebut masih bisa dibersihkan. Nah, dilansir situs Mobil88, bila mendapati jamur di kaca mobil ada beberapa langkah cara membersihkannya, antara lain:

1. Siapkan cairan pembersih jamur yang banyak dijual di toko aksesori kendaraan atau supermarket.

2. Cuci kaca mobil dengan air bersih, lalu keringkan dengan menggunakan lap atau kanebo.

3. Lumuri kaca secara rata dengan cairan pembersih jamur.

4. Gosok dengan kain kering bersih dan halus dengan arah memutar.

5. Lap lagi dengan kanebo basah sampai cairan penghilang jamur tidak tersisa di kaca, lalu keringkan kaca dengan kanebo.

6. Ulangi sampai dua atau tiga kali untuk jamur yang membandel.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, jangan lumuri kaca secara keseluruhan. Lumurilah beberapa bagian dulu saja yang akan kita gosok. Hal ini untuk mencegah timbulnya efek buram (atau seperti pelangi ketika diterpa sinar) akibat pembersih jamur yang sudah mengering di kaca sebelum kita sempat menggosoknya.

Pilih cairan pembersih jamur yang aman dan tidak membuat kaca menjadi kusam atau malah tergores. Agar lebih aman, sebaiknya coba dahulu pada kaca yang ukurannya kecil, setelah dipoles lalu tunggu beberapa menit untuk melihat hasilnya.

Jika langkah-langkah tadi tetap tak membuahkan hasil, artinya jamur yang melekat pada kaca-kaca mobil Anda tergolong sangat bandel. Jenis ini tidak bisa kita selesaikan hanya dengan cairan pembersih jamur.

Langkah yang harus ditempuh, OLXer bisa membawa ke salon mobil. Mereka memiliki alat dan cairan khusus untuk menggosok kaca yang terkena jamur.

Cara Mencegah Timbul Jamur

Jika mobil belum berjamur atau baru saja dibersihkan, sebaiknya lebih peka untuk melakukan perawatan. Karena untuk menghindari munculnya jamur sangat mudah dan sederhana, yaitu:

Pertama, segera bersihkan mobil setelah berkendara di bawah guyuran hujan agar debu atau kotoran tidak menempel lama di kaca-kaca mobil.

Kedua, untuk kaca-kaca depan dan belakang, selalu jaga kondisi air washer agar dapat kita gunakan untuk membersihkan kaca-kaca.

Ketiga, hindari memakai car cover jika cuaca lembab. Jika tetap ingin menggunakannya, pastikan kaca dan car cover dalam keadaan kering sebelum kendaraan ditutupi.