Copied to clipboard!



TIPS

Iklan Jual Mobil Minim Respon? Lakukan Langkah Ini!

Author : Zainal Abidin

16 Jan 2020


Pasang iklan jual-beli mobil secara online menjadi solusi jitu bagi setiap orang yang ingin menjual mobilnya dengan cepat. Baik itu penjual perorangan (pribadi) maupun pedagang mobil bekas (showroom). 

Tingginya traffic pencarian mobil bekas melalui situs online setiap harinya tentu merupakan jaminan efektif dibanding beriklan di tempat lain. 

Tapi terkadang banyak juga orang yang mengeluhkan hasil kurang maksimal saat pasang iklan di situs online, mempersoalkan respon yang minim untuk iklan yang sudah mereka pasang. 

Harus disadari, faktor pendukung iklan mobil mendapat banyak respon dan terjual dengan cepat, adalah informasi yang lengkap serta akurat. 

Mulai dari harga yang sesuai dengan pasaran, kelengkapan surat-surat, spesifikasi, kondisi mobil, kekurangan serta kelebihan pada mobil yang dijual. Semua harus dijelaskan di deskripsi iklan secara lengkap, jangan disingkat dan menggunakan istilah umum yang banyak orang paham.

Faktor yang juga tidak kalah penting untuk menunjang iklan dapat respon yang banyak adalah visual mobil. Foto mobil menjadi bukti otentik dari kondisi mobil yang sudah dijabarkan di kolom deskripsi. 

“Bodi mulus, 90% like new”, banyak tulisan seperti ini di kolom deskripsi, tapi sayangnya keunggulan ini tidak didukung lampiran foto eksterior mobil secara keseluruhan. Sudah pasti banyak yang bilang HOAX.

Pasang iklan jual mobil secara online, jangan pernah meremehkan peran penting foto pendukung. Karena secara fungsi, situs jual-beli online adalah media penghubung antara pembeli dengan penjual, sekaligus tempat bagi calon pembeli melihat secara detail mobil bekas yang hendak dibelinya tanpa harus pergi melihat langsung ke alamat penjual. 

Sangat efektif, cukup duduk manis, buka laptop atau handphone, cari mobil incaran, lihat harga, cocokkan deskripsi dengan gambar (foto), minat, tinggal telpon untuk janji ketemuan melakukan test drive sekaligus transaksi. Bahasa kerennya COD. 

Pembeli mobil senang karena mendapatkan mobil idaman yang sesuai dengan informasi serta foto yang dilihat, penjual juga bahagia mobil laku dengan mudah dan cepat. 

Visual Merupakan Daya Tarik Utama, Kelola Secara Maksimal

Iklan mobil di OLX memuat hingga 20 foto mobil

Dari tulisan pengantar diatas, bisa disimpulkan bahwa faktor penentu iklan jual mobil menarik banyak perhatian dan respon orang, selain harga (sesuai pasaran) adalah visual atau foto pendukung. 

Visual yang baik akan memberi kesan positif calon pembeli yang berlanjut pada interest (minat) untuk menggali informasi lebih jauh soal mobil bekas yang diiklankan. 

Sudah pasti untuk urusan ini, harus dikelola dengan baik demi hasil maksimal yang berujung deal mobil yang diiklankan. Berikut hal yang harus diperhatikan;

Orientasi Foto Landscape

Sebuah riset menyebutkan bahwa penggunaan foto berorientasi landscape dapat dikenali dengan lebih baik karena hampir sama dengan kondisi bidang pandang mata manusia. Oleh karena itu, gunakanlah orientasi landscape untuk sajian foto mobil yang lebih menarik bagi calon pembeli. 

Foto vertikal memberikan hasil kurang maksimal karena objek foto besar, jika ingin mobil tampak secara keseluruhan, tentu harus mengambil jarak foto yang lebih jauh. Hasilnya detail mobil jadi tidak kelihatan. Hindari melampirkan foto vertikal.

Jumlah dan Resolusi Foto

Semakin banyak informasi bagi calon pembeli mobil bekas via online menjadi hal yang sangat positif. Apalagi kalau deskripsi mobil yang dijabarkan lengkap dengan foto pendukung, akan jauh lebih baik. Gunakan slot foto yang tersedia secara maksimal. Foto detail dalam jumlah yang banyak bisa memperbesar peluang iklan mendapatkan respon. 

Sebagai informasi, di situs ini, pemasang iklan jual-beli mobil bisa mengunggah maksimal 20 foto, sehingga gambar mobil dari berbagai sudut (angle) bisa dilihat calon pembeli.

 Selain jumlah, kualitas foto yang dipasang juga harap diperhatikan. Dengan resolusi foto yang baik tentu akan memuaskan rasa penasaran calon pembeli soal kondisi mobil yang dijual. Untuk ukuran standar foto adalah 1.024 x 768 pixel. 

Foto Orisinil, Bukan dari Iklan Lain

Yang juga penting untuk diperhatikan adalah asal-muasal foto yang diunggah. Pastikan bahwa foto mobil yang diunggah adalah milik sendiri, bukan dari iklan orang lain. Sekarang smartphone kebanyakan sudah dibekali fitur kamera beresolusi besar. Urusan mengambil foto berkualitas bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. 

Jadi tidak perlu comot foto orang lain, meski model serta tipe mobil tersebut sama dengan yang dijual. Ini justru malah bisa bikin runyam karena pengiklan dianggap bermaksud jahat. 

Sudut (Angle) Foto Disarankan

Banyaknya slot foto mobil yang disediakan OLX membuat pengiklan bebas untuk melakukan unggahan foto mobil yang dijual dari berbagai sudut. Akan tetapi angle foto yang menjelaskan deskripsi mobil sesuai yang diiklankan sangat disarankan. 

Berikut sudut (angle) foto yang sangat disarankan untuk diunggah ke iklan jual-beli mobil;

Tampak Depan (2 foto dengan sudut berbeda)
Tampak Belakang (2 foto dengan sudut berbeda)
Tampilan Frontal Depan (2 foto dengan sudut berbeda)
Tampilan Frontal Belakang (2 foto dengan sudut berbeda)
Tampak Samping
Roda depan dan belakang
Dashboard
Instrument Cluster
Kabin Depan
Kabin Belakang (2 foto dengan sudut berbeda)
Bagasi
Mesin (2 foto dengan sudut berbeda)

Dengan visual yang menarik pada iklan jual mobil, terus dikelola maksimal menggunakan fitur Highlight, sudah pasti iklan terpasang bakal menarik banyak perhatian dan mendatangkan banyak respon yang berujung transaksi. Tunggu apalagi, ambil handphone dan pasang iklan mobil kalian sekarang di OLX. (Z)