Copied to clipboard!



TIPS PROPERTI

Ingin Punya Rumah? Ini 5 Tips yang Perlu Diketahui

Author : Herdi Muhardi

17 Jan 2020


Tidak dapat dipungkiri, rumah secara pribadi jadi tempat berlindung yang nyaman dan penuh kedamaian. Bahkan, ada ungkapan Rumahku Istanaku, ya, meski rumah dimiliki cukup kecil, namun bagi sang empunya hal itu justru bagaikan sebuah istana di mana di dalamnya bisa menjadi tempat beristirahat dan dihuni keluarga yang saling mengasihi satu sama lain.

Meskipun demikian, tidak banyak masyarakat justru nggak mampu memiliki rumah pribadi sendiri. Salah satunya karena harga rumah semakin tinggi dari tahun ke tahun. Karena itu untuk memiliki sebuah rumah, dibutuhkan usaha untuk menabung dan menyimpan uang dengan lebih bijak. Bahkan, ada juga yang harus membutuhkan waktu sangat lama untuk menabung.

Nah, kalau OLXer memang sudah memiliki cukup dana, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membeli rumah. Terlebih rumah yang dibeli untuk pertama kalinya.

Tips membeli rumah ini berguna agar terhindar dari berbagai kesalahan yang berujung pada penyesalan. Nah, apa saja tipsnya, lihat ulasannya di bawah ini? 

1. Tipe Rumah Minimalis

Rumah minimalis adalah salah satu desain rumah yang banyak diminati saat ini. Harganya yang murah namun memiliki desain yang modern dan mewah membuat banyak orang melirik tipe rumah yang satu ini. Salah satu tips membeli rumah pertama kali adalah memilih tipe rumah minimalis saja.

2. Lokasi yang Strategis

Salah satu hal yang patut menjadi pertimbangan adalah memilih lokasi rumah yang strategis. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai jarak tempat kerja dengan rumah. Perhatikan pula lingkungan sekitar dan akses ke fasilitas umum. Selain itu, cari tahu apakah lokasi yang dipilih rawan banjir, macet, atau memiliki tingkat kriminalitas yang tinggi.

3. Kunjungi Pameran Perumahan

Para pengembang perumahan sering sekali mengadakan pameran yang digelar di waktu tertentu. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi pameran atau launching perumahan. Pameran properti dapat menguntungkan para calon pembeli karena harga yang ditawarkan sering kali lebih murah dengan fasilitas yang lengkap. Mulai kebiasaan membaca majalah properti atau mencari tahu lewat internet mengenai pameran properti semacam ini.

4. Teliti Dalam Memilih KPR

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah. Saat ini, ada banyak KPR yang menawarkan rumah dengan DP murah serta bunga yang rendah setiap tahunnya. Walaupun demikian, ada baiknya untuk tidak langsung tergiur dan tetap teliti saat memilih KPR dengan mempelajari secara seksama segala persyaratannya.

5. Pembayaran Tunai

Adapun tips membeli rumah baru yang terakhir adalah gunakan pembayaran tunai untuk melunasi rumah impianmu. Bagi pihak penjual, membayar secara tunai akan memberikan banyak keuntungan bagi pihak pembeli, salah satunya adalah potongan harga.

Setelah memastikan beberapa hal di atas, jangan lupa untuk mengecek status rumah dan tanah yang akan dibeli. Pastikan legalitasnya jelas, luas tanahnya sama dengan yang tertera di sertifikat, serta lakukan pengecekan apakah tanah yang dibanguni rumah tersebut bebas dari sengketa. (Her)