BERITA

Ini 4 Keunggulan Mobil Hybrid

09 Oct 2019

Maraknya pemberitaan terkait Electric vehicle (EV) belakangan ini mendorong PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar acara Journalist Test Drive khusus line up mobil hybrid Toyota.

Menurut Andri Widianto, Deputy Division Head PT TAM, banyaknya informasi yang beredar belum cukup dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang lebih detail lagi.

"Konsumen kelihatan masih banyak yang bertanya-tanya soal teknologi hybrid maupun listrik. Kami berinisiatif mewujudkan test drive ini, harapannya agar bisa eksplore sebanyak mungkin keunggulan line up hybrid Toyota untuk disampaikan kepada masyarakat," ujar Andri  saat ditemui di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (10/10/2019).

Rencananya, hari ini Rabu (10/10/2019), sejumlah awak media diajak menguji sejumlah mobil Toyota berteknologi hybrid. Adapun perjalanan yang akan ditempuh kurang lebih mencapai 300 kilometer dari Banyuwangi ke Bali. Tentunya, ini akan jadi pembuktian seberapa hebat mobil yang mengkombinasikan mesin bensin dan listrik.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar acara Journalist Test Drive khusus line up mobil hybrid Toyota. (Z)

Lebih jauh Andri mengungkap bahwa ada empat keunggulan yang bisa digaris bawahi ketika masyarakat memilih menggunakan mobil hybrid Toyota.

"Yang pertama sudah pasti fun to drive. Dari sisi performance-nya hebat atau enggak. Itu bisa dibuktikan sendiri di acara kali ini," jelas Andri.

Kedua, soal eco friendly. Toyota sejauh ini sudah memiliki lima produk hybrid, Alphard, Prius, CH-R, Altis dan Camry yang dibalut teknologi mesin hybrid yang diklaim lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil yang murni menggunakan bahan bakar minyak.

"Ketiga adalah efisiensi, dimana mobil hybrid didukung dengan motor listrik yang lebih banyak bekerja menggerakkan kendaraan. Efisiensinya bisa sampai 70 persen," tambah Andri.

Keempat, sekaligus yang paling terakhir disebutkan Andri adalah kenyamanan. Kenyamanan yang dimaksud disini adalah soal kesenyapannya. "Ini karena yang banyak bekerja adalah bagian motor listrik, jadi terasa lebih senyap," ucapnya.

Namun pertanyaan paling umum terkait mobil hybrid adalah soal perawatannya. Andri menegaskan untuk urusan ini konsumen tidak perlu khawatir.

"Untuk urusan perawatan tidak jauh beda dengan yang konvensional. Jadi enggak perlu takut ataupun khawatir," tutup Andri.(Z)