Kamis, April 18, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriIni 5 Penyebab Mobil Terbakar Tiba-tiba

    Ini 5 Penyebab Mobil Terbakar Tiba-tiba

    Mobil tiba-tiba terbakar sering kali terjadi di jalan. Namun begitu, mobil terbakar apalagi ketika dikendarai ternyata ada sebab akibatnya OLXer. Sebaliknya, tidak mungkin hal tersebut terjadi jika tak ada masalah.

    Perlu OLXer ketahui bahwa ada beberapa hal yang menjadi penyebab mobil terbakar. Namun yang pasti, sebagian besar dari penyebab tersebut diakibatkan oleh kelalaian si pemilik mobil sendiri. 

    Nah berikut ini 5 penyebab mobil terbakar:

    1. Mesin overheat

    Penyebab mobil terbakar yang pertama adalah kondisi mesin yang terlalu panas atau mesin overheat. Perlu OLXer ketahui bahwa mesin overheat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kerusakan radiator atau katup pada mesin yang tidak sempurna.

    Nah, rusaknya komponen radiator ini bisa menyebabkan mesin tidak beroperasi secara maksimal. Nah, gesekan pada komponen mesin mobil menimbulkan kenaikan suhu yang signifikan dan akhirnya memicu kebakaran interior mobil yang akhirnya bisa merembet ke seluruh bagian mobil. Sebenarnya, kondisi mesin yang panas atau mesin overheat bisa kamu ketahui pada lampu indikator yang terdapat di dashboard mobil.

    Apa yang harus dilakukan jika mesin mobil kesayangan overheat? Segera pinggirkan mobil ke tempat yang aman dan teduh, lalu matikan mesin. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai suhu mesin sudah turun dan bisa melanjutkan perjalanan lagi.

    2. Korsleting listrik

    Penyebab mobil terbakar yang kedua adalah adanya korsleting listrik. Selain mesin overheat, korsleting listrik jadi salah satu penyebab mobil terbakar yang paling sering terjadi. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya korsleting listrik, salah satunya adalah adanya hubungan arus pendek pada baterai atau aki.

    Selain itu, bagian kabel yang terkelupas dan tersentuh logam atau air juga bisa menjadi salah satu risiko penyebab mobil terbakar. Tidak berhenti sampai disitu saja. Korsleting listrik juga bisa disebabkan oleh ukuran kabel yang tidak sesuai.

    Nah, itu sebabnya, perlu memperhatikan komponen ini saat melakukan beberapa ubahan yang berhubungan dengan kelistrikan. Perlu ketahui bahwa daya listrik yang lewat pada kabel punya daya yang berbeda dan jika salah dalam aplikasinya, hal tersebut bisa memercikkan api dan membuatnya menyebar ke seluruh bagian mobil.

    3. Kebocoran bahan bakar minyak

    Ada berbagai macam cairan yang terdapat pada sebuah mobil, mulai dari oli pelumas, oli mesin, hingga bahan bakar seperti bensin atau solar. Nah, penyebab mobil terbakar berikutnya ada hubungannya dengan kebocoran bahan bakar minyak.

    Meski begitu, mobil yang terbakar secara tiba-tiba tidak melulu diakibatkan oleh kebocoran bahan bakar minyak saja. Namun, bisa saja terjadi akibat hawa panas. Nah, hawa panas yang menguap dari mesin bisa membuat bahan bakar minyak yang ada di dalam tangki bisa terbakar dengan sendirinya.

    4. Modifikasi

    Berbagai cara dilakukan untuk membuat mobil kesayangan tampil lebih keren dan beda dari mobil lain di jalan. Tak hanya melakukan modifikasi di sektor eksterior, tidak sedikit dari kita juga yang melakukan beberapa ubahan di sektor interior, khususnya audio untuk membuat penumpangnya jadi lebih nyaman.

    Karena hal tersebut, si pemilik mobil akhirnya harus mengganti kabel bawaan mobil untuk keperluan modifikasi. Nah, masalah akan muncul saat pemilihan kabel pengganti tersebut tidak tepat. Perlu kamu ingat bahwa terjadinya kebakaran bisa terjadi karena modifikasi asal-asal atau tidak mempertimbangkan bagian-bagian secara detail. Termasuk pemotongan dan penyambungan kabel yang tidak sempurna.

    Tidak berhenti sampai di situ. Selain audio, tidak sedikit orang juga melakukan ubahan pada lampu kabut dan menggantinya dengan lampu yang lebih terang. Masalahnya, sering kali pemilik mobil tidak mengetahui bahwa lampu yang digunakan pada fog lamp punya watt yang lebih besar sehingga berpotensi memicu terjadinya kebakaran.

    5. Faktor eksternal

    Selain terjadi akibat faktor internal, penyebab mobil terbakar juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal. Memang, hal ini jarang terjadi. Namun, tidak ada salahnya mengantisipasi hal ini.

    Salah satu hal yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran adalah saat terpaksa memarkir mobil di dekat bak sampah dan sampah sedang dibakar. Akibat tertiup angin, sampah yang terbakar jadi menempel dan membakar mobil. Selain itu, penyebab mobil terbakar lainnya adalah lupa atau kurang mengencangkan tutup tangki bensin setelah setelah mengisi bahan bakar.

    Itu dia beberapa penyebab mobil terbakar yang perlu kamu ketahui. Nah, sebagai pemilik kendaraan, OLXer harus waspada terhadap masalah atau gangguan yang muncul. Segera kenali penyebabnya dan bisa meminimalisir resikonya. Jangan lupa untuk kunjungi OLX.co.id untuk dapat informasi terkini soal jual-beli mobil, ya.

     

     

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait