BERITA

Ini Alasan Assist Grip Bagian Pengemudi Harus Dihilangkan

10 Oct 2019

OLXer sadar atau tidak nih kalau mobil-mobil jaman now tak ada lagi assist grip, khususnya pada baris pertama dekat pengemudi yang posisinya di samping kanan atas kepala si sopir.

Yang nggak tau assist grip itu apa! Biasanya bagian ini kerap dikenal hanya dengan sebutan pegangan tangan. Assist grip ini letaknya persis ada di plafon tepat di atas setiap pintu. Kecuali pintu belakang.

Nah, hilangnya assist grip untuk pengemudi ikut ditanggapi Product Planning PT Astra Daihatsu Motor Ryan Ferdiean Tirto. Kata Ryan, hilangnya assist grip bukan tanpa alasan.

"Memang secara regulasi sih sebenarnya tidak ada (keberadaan assist grip), tapi ini (assist grip) tidak dipasang karena untuk safety," ujar Ryan saat berbincang dengan News OLX di acara New Sigra Media Test Drive di Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/10/2019).

Ryan menyatakan, unsur safety yang dimaksud yaitu agar pengemudi tidak membiasakan diri ketika mengemudi mobil tetapi tangan kanan berpegangan pada assist grip.

"Karena yang benar itu kedua tangan pengemudi berada di lingkar kemudi, untuk menjaga konsentrasi dan memudahkan pada saat bermanuver," ucapnya.

Artinya, setiap pengemudi wajib konsentrasi. Sebab ketika di jalan raya segala kemungkinan bisa terjadi, termasuk melakukan manuver dimana kedua tangan harus siaga dan cepat mengendalikan lingkar kemudi ke arah kanan atau kiri.

Jikapun masih ada mobil yang memasang assist grip pada bagian  pengemudi, kata Ryan, biasanya mobil tersebut diproduksi untuk negara tujuan dengan posisi mengemudi di sebelah kiri. (Her)