Copied to clipboard!

Ilustrasi bau dalam kabin mobil. (Shutterstock)



TIPS

Ini Bahayanya Jika Freon AC Mobil Bocor dan Terhirup

Author : Herdi Muhardi

12 Jun 2020


Air Conditioner (AC) memang memiliki peran vital dalam sebuah kendaraan. Adanya, AC mampu memberikan kesejukan di dalam mobil, terlebih jika kondisi cuaca di luar memang sangat panas. 

Akan tetapi, AC juga sering kali bermasalah, seperti hanya mengeluarkan hembusan angin, dan akibatnya kabin tak dingin. Memang, penyebab AC tak dingin banyak faktornya, termasuk adanya kebocoran pada freon AC lantaran masalah satu dan lainnya. 

Nah, bocara soal freon AC, OLXer sendiri sebenernya tau atau tidak apa itu freon AC?

Seperti dilansir bengkel AC, Rotary Bintaro, freon merupakan gas kimiawi yang disebut juga dengan nama Chloroflourocarbon atau disingkat CFC. 

Gas Freon merupakan partikel penting yang dibutuhkan oleh mesin pendingin seperti kulkas dan AC mobil. Namun begitu, sebenarnya freon memiliki efek samping yang cukup mematikan.

Masih menurut Rotary Bintaro, jika menghirup gas freon secara langsung ternyata dapat menyebabkan beberapa efek buruk seperti pembengkakan pada saluran pernapasan, kehilangan daya penglihatan, sulit bernafas, mengakibatkan gangguan mata, hidung dan lidah, muntah darah, luka bakar pada kerongkongan, nyeri pada bagian perut, keluar darah saat buang air besar, gangguan peredaran darah dan detak jantung tidak stabil. 

Bahkan salah satu yang paling berbahaya adalah mengakibatkan datangnya penyakit jantung. Sebab menghirup gas freon secara langsung bisa berakibat pada gangguan detak jantung dan pada akhirnya bisa mengakibatkan serangan jantung secara tiba-tiba. 

Dengan adanya tekanan darah yang tinggi akibat pengaruh dari gas tersebut, tekanan darah tersebut akan mengakibatkan serangan jantung, yang bahkan bisa saja mengakibatkan kematian pada penghirupnya.

Bahkan menurut The National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH), korban yang meninggal karena menghirup gas freon secara langsung detak jantungnya tidak stabil dan meninggal karena lemas atau membeku.

Tentu saja hal tersebut terjadi pada korban yang terlalu lama menggunakan AC di dalam mobil, yang ternyata mengalami kebocoran dan mengakibatkan keluarnya gas Freon secara berlebihan. 

Cara Menyiasati

Kebanyakan jika freon AC bocor, tak ada yang menyadari. Tapi jika OLXer tahu maka adanya kebocoran AC, segeralah membuka jendela atau keluar dari mobil. 

Hal ini dilakukan agar gas freon yang sudah tersebar di mobil bisa keluar dan bercampur dengan gas alam lainnya.

Yang tak kalah penting , cobalah untuk tidak terlalu sering menggunakan AC dan biarkan jendela terbuka sesekali apabila keadaan cuaca memang cocok dan mendukung perjalanan. 

Oleh karena itu, sebaiknya OLXer lakukan pengecekan AC mobil sebelum bepergian. Selain itu, lakukan pengecekan komponen-komponen secara berkala.

Jika memang tak mengerti soal AC mobil, tak ada salahnya periksa di bengkel spesialis AC untuk mengetahui detail AC bekerja dengan baik atau tidak.