OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Ini Cara Bikin Kinclong Mesin Mobil Tanpa Khawatir Bermasalah



Ini Cara Bikin Kinclong Mesin Mobil Tanpa Khawatir Bermasalah

09 Nov 2020

Tips Membersihkan Mesin Mobil

Mesin mobil tampak bersih dan mengkilap (Foto : Shutterstock)

Di rumah aja bukan berarti menjadikan kita sebagai orang-orang yang tidak produktif. Tentunya banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan, dalam arti kegiatan positif. Salah satunya merawat kendaraan kesayangan kita.

Melakukan perawatan mobil sendiri di rumah bisa yang ringan-ringan saja, contoh menjaga tampilan mesin mobil tetap kelihatan bersih dan kinclong.

Membersihkan mesin dan ruang mesin merupakan hal yang sering terlewatkan. Letaknya yang ditutupi kap mesin kerap tidak terpikirkan untuk disentuh, kecuali jika terjadi kendala. 

Jika OLXers merasa selama ini jarang sekali mengecek kebersihan ruang mesin, coba saja sekarang buka kap mesin mobil OLXers, pasti sudah sangat kotor akibat debu maupun kotoran-kotoran yang melengket di sekitar ruang tersebut.

Kalau hanya soal debu saja yang menempel tentu bukan sebuah masalah. Cukup bersihkan menggunakan kain dan kuas atau kemoceng. Sekalian iseng-iseng untuk mengecek kuantitas cairan yang ada di ruang mesin seperti oli mesin, air radiator dan minyak rem, tambahkan jika kurang.

Tapi yang repot kalau ternyata kotoran yang menempel tersebut adalah tanah atau lumpur yang mengering, apalagi kalau mengandung  oli.

Jenis kotoran yang menempel di mesin ini agak sulit dibersihkan kalau hanya mengandalkan kain lap atau kuas. Perlu cairan khusus untuk membersihkannya. 

Tapi untuk aplikasi membersihkan mesin sendiri memang tidak semudah saat membersihkan eksterior maupun interior. Banyak komponen yang harus diperhatikan agar tidak terkena air yang ujung-ujungnya bisa mempengaruhi performa mesin. Ini khususnya untuk komponen kelistrikan yang ada di ruang mesin.

Beberapa komponen yang harus diperhatikan antara lain Box sekring, ECU (Electronic Control Unit), alternator, kabel dan soket (penghubung kabel), sensor-sensor elektrikal. 

Kalau OLXers masih awam tentang letak persis dari komponen-komponen tersebut, bisa mencari informasinya di buku pedoman manual kendaraan tersebut. 

Kalau sudah paham, berikut adalah langkah-langkah panduan untuk membersihkan bagian mesin mobil : 

  • Pertama pastikan dulu kunci kontak dalam posisi OFF. Jika memungkinkan lindungi komponen-komponen kelistrikan seperti box sekring, ECU (Electronic Control Unit),  Kabel dan socket (penghubung kabel), sensor-sensor dengan plastik. 
  • Gunakan engine degreaser pada bagian mesin, terutama bagian yang terkena noda membandel. Ratakan dengan kuas dan diamkan selama 10 menit agar meresap pada noda. 
  • Bilas dengan air. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa banyak komponen yang perlu dilindungi dari percikan air, untuk itu saat membilas sebaiknya gunakan dan atur spray agar air tidak menyemprot dengan deras dan tidak mengenai komponen-komponen kelistrikan tadi. Saat membilas, segera lap komponen-komponen kelistrikan yang terkena air. 
  • Langkah terakhir keringkan air yang menempel di sekitaran mesin dengan lap kain jenis kanebo atau chamois yang dapat menyerap air. Sedangkan untuk mengeringkan air yang ada di sela-sela kabel atau soket, lakukan penyemprotan dengan angin yang bertekanan, agar lebih cepat proses pengeringannya. Tetapi kalau tidak ada angin bertekanan, lakukan dengan mengelap menggunakan  kain. Pastikan semua komponen kelistrikan benar-benar kering. sebelum Anda menghidupkan mesin mobil.

Sumber Tips : #AWTOMOTIPS (Astra World)

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga